Pages

Penampakan Hantu Di Lawang Sewu yang Paling Seraaaam!(VIDEO)


Kisah mistis kerap terjadi di Lawang Sewu. Penampakan yang menyeramkan sering muncul di tempat ini. Penampakan ghaib ini ada yang berhasil mengabadikannya melalui rekaman video, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja.



Masyarakat Kota Semarang sangat percaya kalau gedung Lawang Sewu sangat angker. Hantu-hantu yang bergentayangan di gedung ini pun tampaknya memiliki kekuatan yang cukup dahsyat sehingga sulit untuk mengusirnya. Memang, kebanyakan bangunan peninggalan jaman Belanda, banyak "penunggunya". Rata-rata penampakan yang terjadi adalah munculnya hantu-hantu yang berwujud tentara belanda, anak-anak kecil, perempuan Belanda, hantu tanpa kepala, dan sejenisnya. Mungkin ini tak bisa dilepaskan dari kejadian di masa lampau yang kerap terjadi pertempuran antara tentara Belanda dengan pejuang kita.

Lawang Sewu sendiri adalah sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang dulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelmina Plein.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu). Ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945).

Gedung tua ini pernah menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Saat ini bangunan tua tersebut kosong dan bereputasi buruk sebagai bangunan angker dan seram. Sesekali digunakan sebagai tempat pameran, di antaranya Semarang Expo dan Tourism Expo. Pernah ada juga wacana yang ingin mengubahnya menjadi hotel. Pada tahun 2007, bangunan ini juga dipakai untuk film dengan judul yang sama dengan bangunannya.


{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar