Pages

“Manorexia”, Gangguan Makan yang Menyerang Kaum Pria


JIKA anorexia selama ini marak diidap kaum wanita, rupanya para pria pun tak mau kalah. Penyakit gangguan makan kini juga dialami oleh kaum Adam, dengan sebutan Manorexia.

Sama halnya seperti wanita, gangguan makan pada pria juga terdiri dari 3 macam, yaitu anorexia atau menahan rasa lapar demi menurunkan berat badan, bulimia atau kebiasaan memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi, serta binge eating atau kebiasaan makan berlebih.


Tubuh indah para model menjadi inspirasi bagi pengidap Manorexia.

Daily Mail, Rabu (13/7) menyebutkan, selama satu dekade terakhir angka pasien yang mengidap manorexia di Inggris meningkat hingga 66 persen.

Fenomena ini diduga terjadi akibat adanya godaan untuk meniru tubuh indah ala model coverboy. Para pengidap manorexia merasa terobsesi dengan berat badan, berolahraga dengan keras, dan menghitung jumlah kalori dalam makanan yang dikonsumsi.

Jika wanita yang mengidap gangguan makan cenderung berdiet ekstra ketat dan mengurangi asupan makanan dalam tubuh, pria dengan manorexia lebih memilih untuk berolahraga mati-matian. Tujuannya untuk mendapatkan tubuh kekar berotot dan perut six-pack.

Keberadaan gangguan makan pada pria juga sempat diamati tim peneliti dari Harvard. Dari 3.000 responden yang diamati, ditemukan 25% penderita anorexia atau bulimia dan 40% pengidap binge eating yang seluruhnya terdiri dari kaum pria.

"9 juta warga Amerika pernah menderita gangguan makan sekali dalam seumur hidupnya," ungkap James I. Hudson, pimpinan tim riset ini kepada Washington Post.

Sayangnya, angka penderita manorexia masih belum diketahui secara pasti, karena para pria pengidap gangguan makan cenderung enggan mengakui penyakit yang diidapnya.

Stigma gangguan makan yang begitu erat melekat pada wanita membuat para pria enggan mengaku karena takut disebut kurang jantan.




Jangan Lupa Di Like Ya Gan..

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar