Pages

Wonder Girls








Dunia-Hijau. Wonder Girls (bahasa Korea: 원더걸스) adalah grup penyanyi wanita Korea Selatan. Produser mereka adalah penyanyi/pencipta lagu Park Jin-Young, dan berada di bawah manajemen JYP Entertainment. Kelima anggota pendiri Wonder Girls dipilih melalui audisi. Pertama kali membuat debut awal 2007, mereka menjadi populer sejak musim gugur tahun yang sama berkat lagu "Tell Me." Sejak itu mereka telah mencetak 3 singel hit nomor satu, "Tell Me", "So Hot", dan "Nobody", dan memenangi dua Daesang (penghargaan "Artis Terbaik") tahun 2008.

Wonder Girls diperkenalkan sebagai sebuah grup baru melalui acara MTV Wonder Girls yang direkam dan diproduksi MTV. Empat episode pertama mengisahkan kepribadian dan profil masing-masing anggota, serta jadwal sehari-hari mereka. Tidak lama setelah Ye Eun terpilih sebagai anggota ke-5, Wonder Girls sudah ditampilkan di acara MTV Studio. Mereka membawakan ulang lagu "Don't Cha" dari Pussycat Dolls, lagu-lagu mereka sendiri, seperti "Irony" dan "미안한 마음" ("A Sorry Heart"). Sun Ye bernyanyi solo membawakan "Stand Up for Love" sementara Hyun-a memperlihatkan kebolehannya menari solo. Tiga anggota lainnya, Ye Eun, Sun Mi, dan So Hee, menyanyikan lagu Janet Jackson, "Together Again".

Secara resmi Wonder Girls melakukan debutnya pada awal 2007 dalam acara ! 음악 중심 ("Show! Music Core") di MBC, menyanyikan "Irony" sebuah singel hip-hop dari mini-album perdana mereka, The Wonder Begins. Mini album tersebut laku 11.454 kopi pada tahun 2007. Klub penggemar Wonder Girls lalu didirikan dengan nama Wonderful.

Hingga akhir tahun 2007, Wonder Girls direpotkan berbagai cedera dan masalah kesehatan. Pada 25 Juni, Sohee diistirahatkan sebulan setelah putus otot lutut akibat jatuh dari sepeda motor sewaktu pengambilan gambar 뜨거운 것이 좋아 ("I Like It Hot"). Keempat anggota lainnya terus tampil hingga akhir Juli saat orang tua Hyuna meminta agar putrinya diizinkan mengundurkan diri dari grup. Mereka khawatir kesehatan putrinya yang menderita gastroenteritis kronis dan sering pingsan.

Puncak kepopuleran
Pada musim gugur 2007, agen artis Good Entertainment mengirimkan Yubin ke JYP Entertainment sebagai calon pengganti Hyuna. Tiga hari kemudian, Yubin memulai debutnya sebagai anggota. Ketika itu Wonder Girls membawakan "Tell Me" dalam siaran langsung Music Bank .

Album studio perdana mereka, The Wonder Years dirilis minggu berikutnya berikut singel "Tell Me". Yubin baru saja bergabung, dan tidak dapat bagian menyanyi dalam album. Walaupun demikian, versi panggung lagu "Tell Me" sedikit berbeda, di bagian bridge ditambah rapping oleh Yubin. Singel "Tell Me" menjadi hit dan jadi nomor satu di televisi Korea, termasuk Music Bank di KBS. Gerakan tari yang mengiringi lagu "Tell Me" ditiru generasi YouTube dan Daum. Penggemar berlomba-lomba merekam kebolehan berdansa mereka dalam video.

Album The Wonder Years dipromosikan besar-besaran, dan akhir tahun 2007, mereka mulai tanpil untuk singel kedua dari album " 바보" ("You Fool"). Mereka ditampilkan dalam pertunjukan beragam, permainan, menyanyi di siaran langsung radio, di festival musik, dan tampil bersama grup-grup lain termasuk Big Bang. MTV tidak mau ketinggalan menayangkan serial realita The Wonder Life dengan gadis-gadis Wonder Girls sebagai bintang.

Singel baru dan kesibukan tahun 2008
Wonder Girls kembali pada musim semi 2008. Pada bulan Mei, foto setiap anggota diedarkan selama lima hari berturut-turut, dimulai dari Ye-eun dan terakhir foto Sohee. Dirilis juga sebuah lagu dari singel mereka yang berikut. Ada kabar angin kalau Hyuna yang sudah keluar, akan bergabung kembali; namun desas-desus itu dibantah JYP Entertainment.

Singel baru, "So Hot" dirilis 22 Mei 2008, dan segera naik di tangga lagu. Pertengahan 2008, mereka tampil dalam Music Core di MBC membawakan "So Hot" dan "This Time". Singel lengkapnya segera dirilis; di dalamnya termasuk lagu andalan "So Hot", versi rap "Tell Me", "This Time", dan "You're Out". Pita suara yang bermasalah membuat Yubin terpaksa komat-kamit, hanya pura-pura bernyanyi atas permintaan dokter.

Video musik lengkap "Nobody" dirilis awal musim gugur 2008, dan singelnya dirilis secara digital pada saat bersamaan. Akhir pekan berikutnya mereka tampil di Music Core, Music Bank, dan Inkigayo. "Nobody" menjadi hit nomor 1 di KBS' Music Bank, dan bertahan selama 4 minggu berturut-turut,[14] dan memenangi penghargaan Lagu Terbaik bulan September dan Oktober 2008 dari Cyworld. Seperti halnya "Tell Me", gerakan tari yang provokatif dari "Nobody" juga menyebabkan demam tarian Wonder Girls.

Pada penyerahan Penghargaan Festival Musik MNet KM, Wonder Girls memenangi tiga piala, "Lagu Terbaik Tahun 2008", "Bideo Musik Terbaik" untuk "Nobody", dan "Grup Wanita Terbaik". Penghargaan Golden Disk 2008 juga dimenangi mereka untuk angka penjualan digital yang luar biasa. Pada Seoul Music Awards ke-18, Wonder Girls memenangi penghargaan tertinggi Daesang (Artis Terbaik) untuk lagu "Nobody" bersama dua penghargaan lainnya.

Promosi di luar Korea
Wonder Girls berkunjung ke RRC untuk promosi tidak lama setelah melakukan debut mereka di awal 2007. Mereka juga sudah belajar bahasa Mandarin.

Pada Februari 2008, Wonder Girls hadir sebagai bintang tamu menyertai produser mereka, Park Jin-young dalam konser sebulan penuh di Korea dan Amerika Serikat (termasuk di New York City dan Los Angeles). Di New York City, mereka juga sempat melakukan pengambilan gambar untuk video musik "Wishing on a Star". Park menyatakan konsernya sebagai contoh bagi junior-junior, seperti Min, G-Soul, dan Lim Jeong Hee.

Pada September 2008, Wonder Girls terpilih sebagai grup cewek peringkat atas oleh Virgin Media, sekaligus menempatkan mereka bersama-sama Pussycat Dolls, Girls Aloud, dan Danity Kane. Sebagai sebuah grup, Wonder Girls pada akhir 2008 menghasilkan uang ₩12 miliar.

Konser internasional 2009
Konser keliling Wonder Girls dimulai 28 Febaruari 2009 di Bangkok, Thailand. Bersama Park Jin-young mentor mereka, Wonder Girls mengadakan konser di Amerika Serikat, mengunjungi Los Angeles, La Mirada, dan New York City.Setiba kembali di Korea Selatan, mereka mengadakan konser pada akhir Maret 2009. Setelah tur selesai, Wonder Girls membuat video musik dari album ketika mereka, "Now" yang dulunya pernah dinyanyikan Fin.K.L. Dibuat untuk iklan LG, video musik berikut tari mulai diedarkan 9 April 2009.
Wonder Girls memiliki akun resmi di MySpace Music Dari laman myspace diketahui rencana peluncuran Wonder Girls di Amerika Serikat dengan versi bahasa Inggris "Nobody", musim panas 2009.

Pada Juni 2009, JYP Entertainment mengumumkan rencana Wonder Girls sebagai bintang tamu yang menyertai Jonas Brothers dalam tur Jonas Brothers World Tour 2009 di Amerika Utara. Singel "Nobody" akan menjadi singel bahasa Inggris pertama mereka, diikuti "Tell Me", dan sebuah album berbahasa Inggris. So-hee dan Sun-mi terpaksa putus sekolah menengah atas supaya bisa berkonsentrasi untuk peluncuran karier Wonder Girls di Amerika Serikat,  lagi pula tidak mungkin sekolah sewaktu ada di Amerika.

2010: Berganti Line-up, Tur Internasional
Pada 22 Januari 2010, diumumkan bahwa Sunmi akan meninggalkan karier musiknya untuk meneruskan sekolahnya; Hye Rim (Lim), siswa JYP, akan menggantikan tempatnya. Sunmi melanjutkan sebagai anggota Wonder Girls sampai bulan Februari untuk menuntaskan jadwal manggung. Wonder Girls terakhir menyiapkan album bahasa Inggris pertama mereka, dengan setengah (6 track) yang terdiri dari versi Inggris dari single Korea dan setengah lainnya merupakan materi baru, awalnya jadwal rilis adalah Februari 2010. Mereka juga menjadwalkan tur utama pada Januari 2010, tetapi karena hengkangnya Sunmi, rencana tur dan album harus tertunda. Karena kepopuleran mereka di Asia dan dunia, brand elektronik Sony Ericsson memilih mereka sebagai brand ambassador dari Sony Ericsson di regional Asia Pasifik yang akan mengadakan aktivitas promosi di Korea Selatan, China, Jepang, Singapura, dan Indonesia, Taiwan, juga Australia dan Selandia Baru.

Pada 5 April 2010, Wonder Girls mengumumkan 20 pertunjukan pada tur AS dan Kanada, the Wonder World Tour, dimana akan memasukkan rekan se-label 2PM yang akan bergabung dalam 9 jadwal di Washington DC, Atlanta, New York, Chicago, Houston, Dallas, Los Angeles, Anaheim dan San Francisco. Tur tersebut akan mengombinasikan versi Inggris dan Korea dari hits mereka, dengan cover dari lagu bahasa Inggris populer, dan lagu baru mereka dari album yang akan datang, seperti yang diterangkan Yenny pada webchat dengan fans pada 17 April 2010. Bagian pertama tur dimulai di Washington DC pada 4 Juni 2010. Wonder Girls bersamaan dengan pengumuman tur mereka mengenalkan single terbaru mereka, berjudul “2 Different Tears”. Lagu ini direkam dalam 3 bahasa yang berbeda: China, Korea dan Inggris. Video klip untuk lagu ini diluncurkan di Youtube pada 15 Mei 2010; yang dibuat di provinsi Gyeonggi-do, Korea Selatan. Video klip ini menampilkan Park Jin Young dan komedian Korea-Amerika Bobby Lee. Ada 3 versi video klip: bahasa Korea, Inggris, dan China. Album mereka dirilis pada hari yang sama.

Antara 15 Mei 2010 dan 31 Mei 2010, wonder Girls kembali ke Korea untuk mempromosikan versi Korea dari “2 Different Tears”. Mereka kembali pada penampilan TV mereka di M.Net's M! Countdown pada 22 Mei 2010. Pada 27 Mei 2010, Wonder Girls memenangkan #1 award pertama untuk “2 Different Tears” pada M!Countdown. Mereka mengisi minggu terakhir mereka dari aktivitas promosi di Korea Selatan dengan tampil pada on MBC's Music Core pada 29 Mei 2010. Selama waktu 2 minggu, Wonder Girls juga tampil dalam berbagai variety dan talk show Korea, seperti KBS Win Win dan Happy Together, juga SBS Family Outing 2 dan MBC Come to Play.

Pada Mei 2010, 8 kota di AS dan 2 kota di Kanada ditambahkan dalam bagian kedua dalam Wonder World Tour. Diumumkan bahwa rekan se-label 2AM, akan menjadi pembuka di San Francisco, San Diego, Las Vegas, Englewood, CO, Atlanta, dan Chicago. Pada saat itu, berlanjutnya aktivitas promosi Amerika Wonder Girls memberi mereka pennghargaan: venue konser populer, House of Blues memberi gelar “Artist of the Month” untuk Juni 2010 saat Pollstar menampilkan mereka pada artikel spesial berjudul “The Wonders of K-Pop”.

Pada 31 Juli 2010, mereka juga tampil dalam MTV World Stage 2010 di Malaysia dengan beberapa artis lain seperti Katy Perry, Tokio Hotel, dll. Pada 3, 4 dan 5 Agustus 2010 mereka juga tampil dalam Singfest 2010 di Singapura bersama dengan Katy Perry, Tokio Hotel, 30 Seconds to Mars, Kanye West, dll.

Anggota
Yubin
Nama asli: Kim Yubin (Hangul: 김유빈; Hanja: 金瑜斌)
Tanggal lahir: 4 Oktober 1988



Ye Eun (Yenny)
Nama asli: Park Ye Eun (Hangul: 박예은; Hanja:朴譽恩)
Tanggal lahir: 26 Mei 1989





Sun Ye (Sun)
Nama asli: Min Suye (Hangul: 민선예; Hanja: 閔先藝)
Tanggal lahir: 12 Agustus 1989




Sohee
Nama asli: Ahn Sohee (Hangul: 안소희; Hanja: 安昭熙)
Tanggal lahir: 27 Juni 1992





Hye-rim (Lim)
Nama asli: Woo Hye-rim (Hangul: 우혜림; Hanja: 禹惠林)
Tanggal lahir: 1 September 1992




Mantan Anggota
Hyuna



Sunmi



Album
The Wonder Begins (mini album, 13 Februari 2007)
The Wonder Years (album perdana, 13 September 2007); singel: "Tell Me", " 바보" ("You Fool"), "Wishing On A Star"
So Hot (3 Juni 2008); singel: "So Hot", "This Time"
The Wonder Years Trilogy (30 September 2008); singel: "Nobody"
"2 Different Tears" (19 Mei 2010); Singel: "2 Different Tears"

Acara televisi
Wonder Girls Season 1 (2006)
Wonder Girls Season 2 (2007)
Wonder Girls Season 3 (2008)
Wonder Bakery (2008)
Welcome To Wonderland (2009)
MTV Wonder Girls season 4 (2010)
Made In Wonder Girls (2010)







{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar