Pages


Tampak depan Chen Clan Academy
Chen Clan Academy (mandarin: Chen Jia Ci) ini dulunya merupakan sebuah sekolah yang didirikan oleh Klan Chen pada masa Dinasti Qing. Kini, Chen Clan Academy berfungsi sebagai sebuah museum seni, tepatnya “Guangdong Folk Art Museum” (Museum Kesenian Rakyat Guangdong), juga sebagai sebuah tempat pameran seni budaya China.

Di sini dipamerkan banyak lukisan, juga ada beberapa pelukis yang mendemonstrasikan cara melukis. Yang paling menarik perhatian adalah seni lukis dengan kepalan tangan. Pelukis tidak menggunakan kuas, namun langsung memakai telapak tangan yang dikepal untuk melukis. Selain itu, ada juga seni kaligrafi China yang ditulis di atas… butiran beras, lalu beras itu dimasukkan dalam liontin kaca bening Selain itu, ada juga lukisan dan kaligrafi kipas, porselen, layang-layang, pahatan batu, kayu, dan giok.

Lukisan bambu

Ukiran kayu

Pajangan ayam porselen

Pahatan batu

Pahatan giok
Namun entah kenapa, yang paling menarik perhatian saya adalah pahatan gading… Alhasil, hampir semua fotonya berisi pahatan gading semua, hehehehehe… Mungkin karena jarang saya melihat pahatan jenis ini sebelumnya.
Pahatan gading berbentuk dewi, harganya 3000 yuan :-(

Pahatan 5 kambing, lambang kota Guangzhou

Aku juga gak terlalu jelas ini pahatan apa, tapi bagus

Pahatan ini menggambarkan Guangzhou modern

Kapal yang mendetail, berikut awak2 di dalamnya
Melihat pahatan gading yang sebegitu mendetailnya, saya jadi terkagum-kagum pada ketelatenan dan kesabaran para seniman gading… kalau gadingnya ada di tangan saya, bakal jadi penghuni tong sampah tuh gading tak lama lagi, hahahahahahhaha…

Jangan Lupa Di Like Ya Gan..

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar