Pages

7 Makanan Hitam Yang Menyehatkan



Check It Out
Hitam sering dipandang lebih rendah dari putih. Tapi jangan coba-coba memakai rumus yang sama terhadap kandungan nutrisi makanan berwarnan hitam. Malah, sumber makanan berwarna gelap biasanya mengandung antioksidan lebih tinggi yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

"Buah yang berwarna hitam memiliki lebih banyak antioksidan karena makin gelap warnanya, makin tinggi pigmennya yang berasal dari antosianin," kata Cy Lee, PhD, profesor kimia makanan dari Cornell University.

Apa saja "si hitam" yang menyehatkan?

Check It Out
1. Beras hitam

Beras merah tak terbantahkan baik untuk kesehatan. Namun beras hitam sebenarnya jauh lebih baik lagi karena beras hitam ini mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi. Rutin mengonsumsi beras hitam akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Beras hitam juga mengadung antioksidan antosianin lebih tinggi dibanding blueberries.

Check It Out
2. Lentil hitam

Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi, hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun.

Check It Out
3. Blackberries

Polifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini juga kaya akan serat.

Check It Out

Mohon Di Like Dulu
Follow Juga Ya

Check It Out
4. Kacang hitam

Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang ini sarat akan bioflavonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan kanker.

Check It Out
5. Kedelai hitam

Riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Korea menemukan mengonsumsi kedelai hitam secara teratur akan mencegah risiko trombosis, pembekuan darah yang berakibat fatal. Kedelai hitam juga mengandung asam alpha linoleat, jenis asam omega-3 yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Check It Out
6. Teh hitam

Teh hijau dan teh putih lebih terkenal dalam hal kesehatan. Padahal, teh hitam juga tak kalah bagusnya. Teh ini mengandung teaflavins, antioksidan yang bermanfaat mempercepat penyembuhan nyeri pada otot setelah olahraga. Minum teh hitam juga menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Check It Out
7. Cokelat hitam

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam ujicoba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.


Source

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar