Pages

Rudolf Virchow Carl Ludwig (Penemu Cellular Pathology)


type='html'>
Seorang Ilmuwan medisJerman, antropolog, dan politikus Rudolf Virchow Carl Ludwig (1821-1902) adalahpendiri dari sekolah "patologi seluler," yang merupakan dasar modernpatologi.

Rudolf Virchow lahirpada 13 Oktober, 1821 di Schivelbein, satu-satunya anak seorang petani danbendahara kota. Pada tahun 1839 Virchow masuk Friedrich Wilhelms Institute diBerlin untuk melakukan studi medis dalam persiapan untuk berkarir sebagaidokter tentara. Dia datang di bawah pengaruh kuat dari Johannes Müller, yangmendorong dokter Jerman banyak menggunakan metode eksperimental laboratoriumdalam studi medis mereka. Virchow menerima gelar medis di tahun 1843, karenatelah menunjukkan minat dalam patologi.

Pada tahun 1845, saatmasih bekerja sebagai magang, Virchow diterbitkan pertama karya ilmiah. Dengantahun ini ia telah melakukan dirinya untuk metodologi penelitian berdasarkanpemahaman mekanistik fenomena penting. Penelitian medis, menurut Virchow,diperlukan untuk menggunakan observasi klinis, percobaan pada hewan, danpemeriksaan mikroskopis dari jaringan manusia dalam rangka untuk memahamibagaimana kimia dan fisik biasa hukum bisa menjelaskan fenomena normal danabnormal berhubungan dengan kehidupan. Dia menerima teori sel sebagai salahsatu unsur dasar dalam pemahaman mekanistik kehidupan. Dalam melakukan sendiriuntuk melihat ini, ia bergabung dengan kelompok radikal ilmuwan medis muda yangkemudian menantang vitalisme dominan generasi tua.

Pada tahun 1846 Virchowmulai mengajar kursus di patologis anatomi. Pada tahun 1847 ia diangkat keposisi pertama akademik dengan pangkat privatdozent. Pada tahun yang sama iadan seorang rekan, Benno Reinhardt, menerbitkan volume pertama dari sebuahjurnal kedokteran, Arsip untuk Pathological Anatomy dan Fisiologi danKedokteran Klinis. Virchow terus untuk mengedit jurnal ini sampai kematiannyapada tahun 1902.

Pandangan radikalVirchow politik jelas ditunjukkan pada tahun 1848, tahun revolusi di Jerman.Awal tahun Virchow disajikan sebuah laporan pada epidemi tifus di Upper Silesiadi mana dia merekomendasikan bahwa cara terbaik untuk menghindari pengulanganepidemi akan memperkenalkan bentuk pemerintahan yang demokratis. Ketikarevolusi pecah di Berlin, Virchow bergabung dengan kaum revolusioner bertempurdi barikade. Dia melemparkan dirinya sepenuh hati ke dalam revolusi, banyakketidaksenangan ayahnya. Dia berpartisipasi dalam sejumlah klub demokratis danmembantu mengedit surat kabar mingguan, Die Medizinische Reformasi, yang mempromosikanide-ide revolusioner dalam kaitannya dengan profesi medis.

Pandangan politikVirchow menyebabkan suspensinya oleh pemerintah konservatif dibangun kembalipada tahun 1849. Suspensi cepat dicabut karena reaksi bermusuhan daripersaudaraan medis. Kemudian tahun yang sama Virchow diangkat menjadi profesordi Universitas Würzburg. Tak lama setelah itu, ia menikah Rose Mayer, putriseorang ginekolog terkemuka Jerman.

Kursi di Würzburgadalah orang pertama di Jerman yang akan dikhususkan untuk anatomi patologis.Selama 7 tahun Virchow di sana, di sekolah kedokteran menjadi diakui sebagaisalah satu yang terbaik di Eropa, terutama karena pengajaran-Nya. Diamengembangkan konsep "patologi seluler," mendasarkan interpretasinyaproses patologis pada teori sel baru dirumuskan Matthias Schleiden dan TheodorSchwann. Pada periode yang sama ia menjadi editor bersama sebuah publikasitahunan mengkaji kemajuan tahun ini dalam ilmu kedokteran. Publikasi inikemudian dikenal sebagai Jahresbericht Virchow, dan ia terus mengeditnya sampaikematiannya. Dia juga mulai bekerja pada tahun 1854 di Buku Pegangan tentangPatologi Khusus dan Terapi, yang menjadi model untuk nanti Jerman "bukupedoman" berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Meskipun bunga utama Virchowdi Würzburg adalah patologi, ia juga terus bekerja di bidang kesehatanmasyarakat dan mulai penelitian dalam antropologi fisik.

Pada tahun 1856 Virchowmenerima sebuah kursi di Universitas Berlin dengan syarat bahwa gedung baruakan dibangun untuk sebuah lembaga patologis. Dia tetap dalam posisi ini selamasisa hidupnya. Dari tahun 1859 Virchow diperbarui kegiatannya dalam politik.Pada tahun itu ia terpilih sebagai anggota dewan kota, di mana ia menjabatsampai kematiannya. Di dewan ia terutama tertarik dirinya dalam hal kesehatanmasyarakat. Pada tahun 1861 Virchow adalah salah satu anggota fondasiFortschrittpartei Deutsche dan terpilih pada tahun yang sama untuk Diet Prusia.Dia keras menentang persiapan perang Bismarck dan "darah dan besi"kebijakan Jerman pemersatu.

Pada akhir tahun 1860-andan 1870-an Virchow memusatkan perhatian pada antropologi dan hubungan medisinternasional. Dia aktif dalam berbagai kongres medis internasional selamaperiode ini dan terus melanjutkan minat dalam pengendalian dan pencegahanepidemi.

Pada tahun 1873 Virchowterpilih untuk Prussian Academy of Science. Semua kontribusi untuk tubuh iniberada di bidang antropologi, sebagian besar berkaitan antropologi fisik danarkeologi. Dalam bidang baru sebagai orang lain ia mengambil tugas mengeditsebuah jurnal terkemuka, Zeitschrift fuer Ethnologie. Tahun kemudian Virchowterus aktif, terutama dalam kaitannya dengan tugas-tugas editorial. Diameninggal pada tanggal 5 September 1902.



sumber informasi : answers.com







{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar