Pages

Louis Jacques Mandé Daguerre (Penemu Fotografi Daguerreotype)


type='html'>
Louis Jacques MandeDaguerre lahir pada 1787 dari keluarga kelas menengah di Cormeilles, dekatParis. Dia adalah seorang desainer yang menciptakan pemandangan dicapai Dioramadan menemukan Daguerreo type, metode praktis pertama untuk membuat foto.

Bakat artistik Daguerretampak jelas pada usia dini. Ia menjabat magang dengan seorang arsitek lokaldan desainer panggung di Paris. Pada 28 ia diangkat desainer pemandangan OperaParis. Dua tahun kemudian, ia dirikan Diorama, sebuah teater yang besar, muralhidup dan efek pencahayaan khusus menciptakan ilusi adegan berubah. Parapenonton berbondong-bondong untuk melihat obyek wisata terkenal seperti makam Napoleon,sebuah desa pegunungan, dan Katedral Canterbury.

Untuk mendapatkanperspektif yang tepat yang penting untuk membuat adegan ini tampak nyata,Daguerre mengandalkan kamera obscura. Kamera yang digunakan oleh pelukis selamaberabad-abad, adalah sebuah kotak dengan sebuah lensa pada salah satu ujungnyadan sebuah cermin pada sudut 45 derajat di sisi lain. Cermin mencerminkangambar ke kaca di bagian atas kotak, di mana itu bisa disalin ke kertas tembus.Lambat laun Daguerre mulai bereksperimen dengan membuat gambar tercerminpermanen.

Daguerre membeli lensauntuk kamera dari Vincent Chevalier, sebuah kacamata Paris. Lain dari pelangganChevalier adalah Nicéphore Niépce (1765-1833), yang telah menemukan sebuahmetode untuk merekam gambar kamera tercermin di atas kertas diolah secara kimiadan piring batu. Setelah mendengar tentang penemuan ini dari Chevalier, Daguerremenulis kepada Niépce. Selama beberapa tahun berikutnya, dua orang bertemu diParis dan bertukar banyak surat sebelum akhirnya menandatangani perjanjiankemitraan. Mereka berkolaborasi melalui surat ditulis dalam nomor kode yangdibuat oleh Daguerre untuk menjaga kerahasiaan percobaan mereka. Dalam salahsatu surat, Daguerre menyarankan mengganti iodida perak untuk Niépce substansiaspal adalah menggunakan sebuah inovasi penting yang akan mempersingkat waktuyang dibutuhkan untuk membuat gambar dari delapan jam hingga beberapa menit. Daguerrejuga merancang lensa baru yang menghasilkan gambar lebih tajam.

Setelah kematian Niepcepada tahun 1833, Daguerre mempertahankan kemitraan dengan Isidorus anak Niepce,tetapi melakukan penelitian secara mandiri. Daguerre terus meningkatkan perakiodida metodenya dengan memperlakukan piring perak-iodida terkena dengan uapmerkuri. Dia memberi creditto Nicéphore Niépce untuk penemuan asli tapimengambil kredit sendiri untuk menyempurnakan proses, yang bernamaDaguerreotype di tahun 1838. Pekerjaan Daguerre terkesan Akademis Ilmu begitukuat bahwa pemerintah Perancis menawarkan untuk membeli penemuannya. Ilmuwanterkemuka dari hari perjalanan ke studio Daguerre untuk melihat demonstrasi.Salah satu dari mereka, Samuel FB Morse (1791-1872), penemu Amerika telegraf,mengagumi Daguerreotypes '"indah kecilnya dari sebuah gambaran."

Dalam Diorama 1839Daguerre, satu-satunya sumber pendapatan, terbakar habis. Para pendukungnyayakin pemerintah Perancis untuk memberikan pensiun tahunan murah hati untukkeduanya, Daguerre dan Niepce Isidorus sebagai imbalan atas penerbitan merekarincian teknis dari kedua penelitian asli dan Daguerreotype tersebut. Daguerre,meskipun digambarkan sebagai pemalu dan malu sebagai pembicara, memberikandemonstrasi dan setiap kelas menulis sebuah brosur yang menjadi bestsellerinternasional. Sebuah perusahaan diciptakan untuk memproduksi peralatan untukmembuat Daguerreotypes, dengan satu-setengah dari keuntungan pergi ke produsendan sisanya dibagi oleh Daguerre dan Niepce Isidore. Sebagai Daguerreotypetumbuh populer di seluruh dunia, yang lain membuat perbaikan yang memperpendekwaktu paparan empat puluh detik pada tahun 1841.

Daguerre pensiun keBry-sur-Marne, sebuah desa kecil di luar Paris. Di balik altar gereja lokal, iamelukis mural yang memberi kesan mengarah ke sebuah katedral besar. Diameninggal karena serangan jantung pada tahun 1851.



sumber informasi : bookrags.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar