Pages

KentangTermahal di Dunia Seharga 5 Juta per Kg


KentangTermahal di Dunia Seharga 5 Juta per Kg


Ketika membayangkan jenis-jenis makanan termahal di dunia, biasanya kita tidak akan membayangkan kentang di dalamnya. Tapi percaya atau tidak, kentang La Bonnotte merupakan salah satu makanan termahal di dunia yang dijuluki sebagai raja kentang. Satu kilogram harganya bisa mencapai USD 700. Mungkin ini sedikit konyol, tapi itulah faktanya.
Jenis kentang ini hanya bisa tumbuh di pulau Noirmoutier, sebuah pulau lepas pantai barat Perancis. Setiap tahunnya petani di sana hanya bisa memproduksi 100 ton. Hal ini disebabkan karena jenis kentang ini harus ditanam dengan cara tradisional, alias pakai tangan.

Umbi kentang jenis ini sangat rapuh sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan mesin ketika mencabutnya. Dalam pemeliharaannya, tanaman ini harus diberi pupuk dari ganggang dan rumput laut, sehingga tidak heran rasa kentang La Bonnotte agak sedikit asin.

Kentang ini ditanam pada bulan Februari setiap tahunnya dan dipanen pada bulan Mei. Semuanya harus dilakukan secara seragam atau bersamaan, mulai dari proses menanam, pemupukan, dan pada saat memanen.

Proses pengirimannya pun harus pada hari yang sama ke seluruh dunia. Hal ini untuk menjaga mutu dan kualitas kentang ini agar rasa di satu tempat sama dengan di tempat lain.

Cara memasaknya pun tidak sembarangan. Butuh resep khusus dan koki khusus yang sudah mengambil les memasak di pulau ini. Satu porsi kentang goreng La Bonnotte rata-rata seharga USD 300.



Sumber. http://www.dunia-unik.com/2011/06/la-bonnotte-kentangtermahal-di-dunia.html#ixzz1PoZN5ctr

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar