Pages

Kenapa Si Kecil Suka Mengintip ?


Seorang ibu merasa gundah karena perilaku anak laki-lakinya yang berusia 4 tahun. Kalau ibunya sedang duduk dan pakai rok, si kecil terkadang seperti ingin "mengintip" seolah ingin tahu apa yang ada di balik rok. Terkadang saat sedang di pangku, si kecil juga agak menarik baju bagian atas seperti mau "mengintip". Apakah perilaku ini wajar bagi anak seusianya?

Menurut psikolog Dra Mayke S Tedjasaputra, MSi, dari Lembaga Psikologi Terapan UI, perilaku anak yang ingin tahu apa yang ada di balik rok atau baju ibunya sangat wajar. Hal ini berkaitan dengan keingintahuan anak terhadap masalah seksual.

Misalkan saja, itu mungkin karena si anak belum pernah melihat alat kelamin perempuan dan tidak tahu beda antara perempuan dan laki-laki. Kemungkinan lain, si kecil meniru perilaku orang dewasa.

Ibu bisa memperkenalkan bahwa laki-laki mempunyai penis dan perempuan mempunyai vagina dan buah dada (atau boleh menggunakan istilah yang lazim digunakan di tempat ibu). Pengalaman praktis dapat diberikan ketika anak sedang bersama anak kecil lain, baik laki-laki atau perempuan dengan cara menunjukkan apa persamaan dan perbedaannya.

"Ibu juga boleh memberitahu bahwa pada anak perempuan setelah usia remaja akan tumbuh buah dada. Kalau keingintahuan anak sudah terpenuhi, dia tidak akan lagi mengintip-intip rok atau baju ibu," kata Mayke.

Saran lain, ketika anak berusaha membuka baju ibu, katakan Ibu mengerti bahwa dia ingin tahu ada apa di dalamnya. Namun, katakan juga bahwa perilaku itu tidak sopan. Ibu malu kalau sampai rok Ibu tersingkap dan dilihat orang lain sebab hal ini merupakan sesuatu yang sangat pribadi, tidak sembarangan orang boleh melihatnya. Tubuh manusia tidak boleh dilihat sembarangan orang yang tidak dikenal. Karena itu, manusia harus memakai baju.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar