Pages

Tips Perawatan Wajah Untuk Remaja


Lakukan Perawatan Wajah Secara Rutin

Wajah adalah bagian yang paling terlihat dari tubuh kita. Karena itu perlu perawatan ekstra. Untuk tampil menarik dengan kulit yang halus dan sehat, perlu perawatan sedari dini. Sebaiknya sejak usia belasan tahun, anak sudah mulai dibiasakan untuk merawat wajahnya secara baik dan benar.

Remaja cenderung menghabiskan waktu di luar ruangan. Hal itu membuat mereka banyak berhubungan dengan debu dan matahari. Oleh karena itu, agar wajah senantiasa halus dan sehat harus selalu menjaga kebersihan kulit.

Untuk menjaga kecantikan kulit, sebaiknya dilakukan beberapa langkah perawatan dasar seperti berikut :

1. Usahakan wajah Anda selalu bersih

Cuci muka dengan sabun cair atau sabun padat khusus muka ketika bangun tidur dan setelah beraktivitas. Hal ini perlu dilakukan karena karakter kulit ketika remaja mengalami perubahan akibat hormonal tubuh yang ada hubungannya dengan kulit. Oleh karena itu ada istilah kulit berminyak, kering, normal, atau kombinasi. Untuk mereka yang kulitnya berminyak, bisa menggunakan scrub plus tonic sebagai penyegar atau pembersih muka yang mengadung benzoil peroxide atau salicylic acid.

Sementara untuk mereka yang memiliki kulit kering atau normal sebaiknya menggunakan cleansing yang lembut plus tonic sebagai penyegar wajah.

2. Gunakan krim pelindung jika beraktivitas di luar ruangan

Karena remaja umumnya beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, gunakan krim pelindung dengan SPF 5-6. Setiap 1 SPF setara dengan 15 menit. Jadi jika ingin berenang selama 2,5 jam, sebaiknya menggunakan sun screen dengan SPF 10.

3. Rawat kulit setiap hari

Untuk mencegah agar kulit remaja tidak bermasalah, sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan melakukan 2 tahap perawatan setiap harinya. Pembersihan dan penyegaran. Perawatan itu dilakukan baik setelah beraktivitas di luar maupun dalam ruangan.

Jika kulit cenderung berjerawat, ada baiknya untuk melakukan perawatan tambahan sebagai berikut :

a. Menggunakan masker untuk jerawat setidaknya satu minggu sekali yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan mengecilkan pori-pori (khusus untuk kulit berminyak).

b. Menggunakan obat jerawat yang tersedia bebas di pasaran. Dan dipakai hanya pada bagian yang

memiliki problem jerawat.

Jerawat memang merupakan masalah yang dihadapi sebagian besar anak muda sekarang. Lebih-lebih apabila jerawat sampai menimbulkan bekas yang pastinya membuat kurang percaya diri bila bertemu dengan teman-teman. Jerawat biasanya timbul di muka yang berminyak dan kurang dirawat. Di bawah ini akan dibahas mengenai bagaimana tips agar terhindar dari musuh para remaja. Nah bagi anda yang ingin kulit wajahnya halus tanpa ada jerawat ataupun bekas jerawatnya. Simak penjelasan dibawah ini :

PERAWATAN.

• Aplikasikan krim anti jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, glycolic acid dan salicylic acid ke seluruh wajah, tidak hanya pada area yang berjerawat.

• Gunakan krim malam yang menghilangkan noda bekas jerawat

• Pada pagi hari jangan lupa gunakan krim oil-free sunscreen di seluruh wajah Anda.

• Hindari tangan dan rambut dari wajah, karena tangan dan rambut kotor, sehingga dapat memperparah jerawat Anda.

• Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah Anda

• Lakukan cleansing kulit wajah pada pagi dan malam hari: Perlu dilakukan di malam hari – meski Anda tidak ber-makeup, karena wajah mudah dinodai oleh polusi. Perlu pula dilakukan pada pagi hari, karena kulit Anda mengeluarkan lemak dan kotoran pada malam hari

• Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Pijatan lembut selama dua menit bisa menghilangkan keletihan, menyantaikan wajah dan memberi kecerahan kulit.

• Banyaklah minum air putih.

Special tip :

• Jika Anda memiliki jerawat membandel atau bekas jerawat yang terlihat, Anda bisa mengatasinya dengan concelear atau foundation.

• Jangan menggosok wajah. Kulit yang berjerawat adalah kulit yang teriritasi. Jika Anda menggosoknya, akan menjadi pecah dan pori-pori akan membesar.

• Hindari toner pembersih, kecuali jika kulit Anda sangat berminyak. Pembersih seperti itu akan membuat wajah Anda semakin kering.

• Jika Anda memang harus memakai toner pembersih muka, usapkan saja pada area T dan lansung keringkan dengan kapas. Sempatkan 3 hari sekali untuk bermasker untuk mengurangi kelebihan minyak.

• Jika jerawat Anda memang sudah sampai tahap parah, konsultasikan pada dokter kulit Anda.

• Sebelum tidur malam, oleskan jeruk nipis atau tomat pada wajah dan dibersihkan pagi harinya. Hal ini bisa mengempiskan jerawat. (cie/dari berbagai sumber)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar