Pages

Kris Allen Jawara American idol



LOS ANGELES -- Kris Allen menjadi jawara American Idol terbaru. Penyanyi belia asal Arkansas ini mengalahkan favorit juara Adam Lambert pada kontes final yang dihelat pekan lalu, di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sementara final American Idol musim kedelapan ini menjadi program hiburan dengan jumlah penonton final paling sedikit sejak program ini digelar pada 2004 serta dibayangi semakin merosotnya //rating// televisi program ini.

Saat namanya diumumkan sebagai juara, Allen tak kuasa memendam rasa gembira. ''Wah mohon maaf, saya tak tahu seperti apa perasaan sekarang. Ini sungguh gila,'' ujar penyanyi berusia 23 tahun ini dengan raut wajah yang masih tetap tidak percaya.

Bahkan rasa tak percaya atas kemenangan itu kembali disampaikannya secara terbuka. ''Sungguh mengejutkan. Pastinya saya sangat senang, tetapi saya rasa Adam lebih layak mendapatkan ini,'' ujar Allen saat masih berada di atas panggung.

Sementara Lambert tetap berusaha tegar untuk menerima kekalahannya di ajang final American Idol 2009. Saat ditemui di belakang panggung, penyanyi berusia 27 tahun ini mengaku tidak terlalu risau. ''Buat saya ini yang penting bukanlah malam ini, tetapi ini menjadi masa depan buat saya,'' katanya.

Host Ryan Seacrest mengungkapkan sepanjang pertunjukkan ini tercatat hampir 100 juta pemilih yang mengirimkan pilihannya untuk jagoannya yang bersaing sejak babak awal.

Dalam acara final ini, hadir Keith Urban dan Lionel Richie yang tampil sebagai bintang tamu istimewa. Selain itu tampil pula musisi kondang semacam grup band Black Eyed Peas, Cyndi Lauper, Carlos Santana dan Rod Stewart.

Dalam pertunjukkan berdurasi dua jam itu, Lambert sempat berduet dengan Kiss. Sementara Allen bernyannyi bersama Keith Urban. Keduanya kemudian tampil sepanggung untuk melantunkan tembang lawas milik grup band Queen, We Are The Champions.

Allen sendiri tampil sebagai juara berkat kecapakan wajah serta kemampuan olah vokalnya yang mumpuni. Sedangkan Lambert yang banyak sambutan dari para penonton dan juri memiliki range vokal dan bakat yang tak kalah bersaing dengan Allen.

Penonton Paling Sedikit

Sementara itu melansir dari laporan kantor berita Reuters, perhelatan puncak American Idol ini menyisakan sejumlah catatan. Di antaranya, Reuters melaporkan bahwa penonton yang hadir di acara final kali ini tercatat sebagai yang paling terdikit sejak 2004.

Melansir dari tampilan preelimnary yang ditayangkan oleh jaringan Fox, News Corp, pertunjukkan itu diperkirakan hanya disaksikan oleh 28,8 juta penonton. Dibanding tahun lalu, jumlah penonton tersebut merupakan penurunan.

Tahun lalu penontonya tercatat ada sebanyak 32 juta penonton. Sedangkan rata-rata penonton sebesar 26,3 juta penonton setiap episode dua pekan selama lima bulan penayangan, juga mengalami penurunan.

Season pada 2006, tercatat sebagai yang tertinggi dengan menembus rata-rata penonton hingga 30,8 juta penonton. Penurunan ini justru bertolak belakang dengan upaya produser program ini yang telah menambahkan juri. Juri baru dari American Idol season ini adalah Kara DioGuardi, penulis lagu No Boundaries yang akan dijadikan single perdana dari Kris Allen. - akb/ahi 

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar