Pages

Orang Terpendek di Dunia Ada di Filipina


Organisasi pencatat rekor dunia, Guinness World Records, menyatakan seorang pria asal Filipina yang memiliki tinggi 59,93 cm sebagai pria terpendek di dunia. Junrey Balawing, yang berasal dari Mindanao, mendapatkan sertifikat pengkauan sebagai pria terpendek di dunia dari  Guinness World Records saat merayakan ulang tahunnya ke-18.

Orang tua Balawing di sela-sela penyerahan sertifikat tersebut mengatakan pertumbuhan anaknya terhenti saat dia berusia dua tahun. Aktivitas Junrey Balawing sendiri cukup terbatas. Karena, kelainan yang dideritanya tersebut mengakibatkan dia sulit berdiri dan berjalan. Namun, warga di sekitar lingkungannya cukup membantu dan melindungi Junrey.

Orang tua Junrey Balawing juga mengatakan dokter tidak bisa memberi penjelasan mengenai penyebab berhentinya pertumbuhan Junrey. Kelainan fisik ini memang hanya terjadi pada Junrey. Sementara, ketiga saudara kandungnya dapat tumbuh normal.

Tinggi Junrey sendiri 7 cm lebih pendek dari pemegang rekor sebelumnya, Khagendra Thapa Magar, yang berasal dari Nepal.

"Secara resmi dia adalah pria terpendek di dunia," kata perwakilan Guinness World Records, Craig Glenday, di depan saudara dan kawan Junrey yang tengah bergembira merayakan pesta ulang tahun di kediamannya di Sindangan, Mindanao, Filipina Selatan.

Seperti diukutip dari AFP, sejumlah simpatisan termasuk politisi memberikan hadiah uang kepada Junrey yang rencanannya akan digunakan untuk menambah tabungan keluarganya.
 
source republika

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar