Pages

Misteri Malaikat [Angelology dan Demonology]






Malaikat diciptakan sebagai penyampai pesan Tuhan. Tuhan menciptakan 9 urutan balatentara surga ini: Seraphim, Cerubhim, Tahta, Penguasa, Keutamaan, Kekuatan, Kerajaan, Malaikat Agung, dan Malaikat (Grimoires Paus Honorius).

Check It Out
1. Seraphim
Artinya yang bernyala-nyala. Mereka memiliki nyala kasih yang paling berkobar di hadapan Tuhan dengan pemahaman yang sungguh mendalam. Wujud mereka menurut Kitab Wahyu pada Yohanes di Pulau Patmos: Mereka ada 4 orang, bersayap empat, satu seperti manusia, satu seperti kerbau, satu seperti elang, dan satu singa. Lucifer dulunya salah satu dari anggota ini.

2. Cerubhim (Kerub)
Artinya kesempurnaan dari kebijaksanaan. Kerubim berdiri di depan kebijaksanaan Ilahi dan merenungkan semua penyelenggaraan Tuhan dan semua makhluk ciptaannya. Konon, merekalah yang menjaga jalan masuk ke taman firdaus dimana Buah Kehidupan tumbuh.

3. Tahta
Melambangkan keadilan Tuhan. Mereka berdiri dengan memuji semua kuasa keadilan Tuhan

Check It Out



Mohon Di Like Dulu
Follow Juga Ya
Follow Inert_Seven on Twitter

Check It Out
4. Penguasa
Nama yang melambangkan otoritas ini adalah pemimpin paduan suara yang lebih kecil.

5. Keutamaan
Nama ini menimbulkan kesan daya atau kekuatan. Mereka siap menerima perintah dari golongan Penguasa.

6. Kekuatan
Kelompok ini bertugas untuk melawan semua kuasa gelap yang merajai bumi.

Check It Out
7. Kerajaan
Melindungi kerajaan duniawi seperti negara dan kota-kota

8. Malaikat Agung
Menyampaikan pesan penting pada manusia (Misalnya Nubuat Kelahiran Yesus pada Maria oleh Malaikat Gabriel)

9. Malaikat
Malaikat biasa. Mereka menjadi pelindung setiap manusia yang hidupnya berkenan pada Tuhan.

Check It Out
Ada tujuh malaikat agung, yaitu Mikhael, Gabriel, Rafael, Uriel, Barrachiel, Sealtiel dan Yehudiel. Selain itu, ada juga beberapa nama lain yang kurang dikenal misalnya Raguel, Sariel, Anael, Metatron, Remiel, dan Raziel.

Raphael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Ia hanya muncul dalam kitab Tobit (Hanya Alkitab Katolik yang berisi kitab ini. Ia menyamar menjadi pemuda yang menemani Tobit, bahkan ia sempat menyembuhkan ayah Tobit yang buta. Pemuda ini sangat alim dan taat beribadah sehingga Tuhan menyukainya. Ia berencana melamar seorang wanita yang bernama Sara Putri Raguel, namun konon itu akan terkendala suatu kutukan karena janda itu telah menikah sebanyak 7x tapi para suaminya meninggal secara misterius. Tobit memang sempat ketakutan, tapi Raphael dalam sosok seorang pemuda menenangkan dia. Raphael mengajaknya ke tepi kolam, dan tiba-tiba muncullah seekor ular raksasa yang hendak membunuh Tobit, namun entah kenapa Tobit bisa membunuhnya dan Raphael menyarankan untuk mengambil limpa ikan itu. Akhirnya acara perkimpoian pun selesai, dan sewaktu hendak malam pertama (ML) datanglah iblis yang selama ini menjadi biang kerok yaitu Asmoday (bisa dilihat di demonology thread punya saya). Tobit atas perintah Raphael, menyiapkan arang dan membakar limpa itu, sehingga asapnya yang membumbung membuat sang Iblis kesakitan dan ia lari ke Mesir. Raphael dengan kekuatannya berhasil mengejar Asmoday dan iblis itu pun diikat disana. Meskipun ia diklaim sebagai seorang Kerubim, Keutamaan, dan Kekuatan, ia juga pemimpin dari Kerajaan dan dapat dikatakan sebagai kepala dari para malaikat pelindung. Ia ahli dalam bidang kesehatan, mengajarkan Nabi Nuh cara membuat Bahtera, dan mengajarkan Salomo untuk memperbudak Iblis guna membangun Bait Tuhan. Wujudnya adalah seorang pemuda tampan yang membawa tongkat kayu.

Check It Out
Doanya seperti ini:
Rafael Penjaga Sakramen Tobat

Rafael membawa wadah minyak pengurapan. Ikan melambangkan jiwa dan minyak melambangkan penyembuhan melalui sakramen pengakuan dosa. Ikan juga mengingatkan akan perlindungan yang ia berikan pada Tobit muda atas iblis Asmoday dan penyembuhan atas ayahnya yang buta (Lihat kitab Tobit dalam perjanjian lama; hanya Al-kitab Katolik yang berisi kitab ini)

Sang Malaikat Agung, kau adalah Rafael Sang Penyembuh, Penunjuk Arah, meskipun manusia dalam kesedihan dan kesusahan. Santo Rafael, malaikat kesehatan sebagai bukti cinta dan kesukaan Cahaya Tuhan, doakanlah kami!

~Disadur dari kaplet St Rafael.
Malaikat Suci Rafael, bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Kiranya kekuatan dan cintamu tumbuh pada kami. Yakinkan kami jika cinta Tuhan akan menguasai hati kami dan memenangkan semua kebencian dan kekotoran yang disebarkan roh jahat di dunia ini.

Santo Gabriel, Malaikat Agung yang disebut dalam Injil. Hanya empat kali kehadirannya yang dicatat: Dalam kitab Daniel, malaikat ini menjelaskan penglihatan tentang banteng yang melambangkan kehancuran kerajaan Persia akibat ulah Aleksander Agung. Ia juga meramalkan jika kerajaan itu akan dibagi diantara jendral mereka, termasuk yang bernama Antiochus Ephiphanes. Daniel juga diberitahukan oleh laki-laki yang bernama Gabriel yang “terbang dan dengan lembut menyentuh dia”, dan meramalkan mengenai 70 minggu sebelum kedatangan Kristus. Ia adalah malaikat Inkarnasi dan juga dikenal sebagai malaikat belas kasihan (Mikael dikenal sebagai malaikat keadilan), dan kitab Taurat mengenal malaikat ini sebagai penghancur Sodom dan Gommorah dan sebagai malaikat yang membantu penguburan Nabi Musa.

St. Gabriel penjaga sakramen Baptis

Gabriel adalah Malaikat Agung yang melambangkan kabar gembira dan kemenangan inkarnasi melawan dosa dan maut. Ia sering digambarkan memegang bunga lily yang melambangkan jiwa murni yang melalui sakramen baptis dan sakramen tobat, dua sakramen yang hanya dihasilkan oleh penebusan. Benderanya melambangkan kasih sayang Bunda Suci yang universal.

Bapa di surga, melalui keagungan Gabriel kami menerima Inkarnasi Putra Tunggal-Mu. Melalui bantuannya kami mengenal dan meneladan Bunda Kebenaran Suci yang menjawab: “Jadilah padaku menurut perkataanmu”. St. Gabriel, ajaklah kami untuk memuji Bapa atas hadiah berupa Putra-Nya, dan mari kita berdoa semoga kita satu dalam rahmatnya, melalui Bunda-Nya, kita akan menjadi satu dalam gereja atas satu gembala

~Berdasarkan kaplet St. Gabriel.
Santo Gabriel yang suci, bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Bantulah kami menjadi pelayan Tuhan yang baik! Bantulah kami untuk menjaga dan mempertahankan murninya pembaptisan sehingga kami mampu menjadi pelayan Dia. Saat kami jatuh, arahkan kami sehingga kami dapat pulih. Melalui bantuanmu, semoga jiwa kami menjadi tempat kedamaian dimana Tuhan dapat beristirahat.

Mikael artinya Seperti Tuhan. Ia adalah malaikat perang melawan iblis dan pengikutnya. Malaikat Gabriel memberitahu pada Daniel, saat ia memohon pada Tuhan untuk membawa bangsa Yahudi kembali ke Yerusalem: “Kerajaan Persia menentang aku… dan, datanglah Mikael, salah satu dari Pangeran Kepala datang menolongku”. Malaikat itu kemudian membicarakan mengenai akhir dunia, para Anti Kristus berkata: Dalam waktu itu Mikael bangkit, sang pangeran agung, yang berdiri di depan anak-anak manusia. Dalam Wahyu 12:7 “Dan terjadilah perang besar di surga, Mikael dan malaikat-malaikatnya bertarung melawan naga”. Ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Kerub yang menjaga pohon kehidupan. Ia dapat dimohon untuk: bertarung melawan iblis, menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka pada saat sakratul maut.

Michael, Penjaga Sakramen Suci Ekaristi

Ia adalah pemimpin balatentara surga, sebagai seorang prajurit ia tidak hanya melindungi jiwa-jiwa tetapi juga melindungi kita dari musuh dan melindungi Tuhan Kita, dalam sakramen suci. Ia memiliki kuasa untuk menghukum siapapun yang berdosa melawan sakramen ini.

St. Mikhael malaikat agung, bantulah kami dalam perang dan dalam tipu daya kejahatan Iblis. Semoga Tuhan menghukum mereka, dan kau Sang Pangeran Balatentara Surga, dengan kekuatan Tuhan, lemparkanlah ke neraka semua iblis dan roh jahat yang berkelana di dunia hendak membinasakan jiwa-jiwa.

~Dibuat oleh Paus Leo XIII setelah mendapatkan penglihatan di dalam gereja:
St. Mikhael yang suci bantulah kami dengan segala malaikat sucimu. Ajari kami untuk mempertahankan iman di tengah kegelapan ini. Ajari kami untuk mempertahankan jiwa kami dan jiwa sesama kami. Ajari kami untuk menang dalam kesunyian dan patuh pada Tuhan. Ajari kami untuk mencintai Maria, Ratu Para Malaikat

Check It Out
St. Uriel Penjaga Sakramen Krisma

Ia membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus, yaitu kita melalui sakramen ini. Api mengingatkan akan turunnya Roh Kudus pada pentekosta dan bara yang merupakan karunia Roh Kudus. Mengingatkan kita jika hati harus dibakar dengan cinta tersuci pada Tuhan seperti para seraphim, seperti Hati Suci Yesus dan Maria. Santo Uriel membawa neraca yang melambangkan penilaian tindakan kita. Itu juga melambangkan neraca milik Keadilan Sejati yang akan menimbang kita di hari penghakiman. Dia kurang dikenal dalam alkitab, tapi ada lukisan Maria dan Yesus yang lagi mainan sama Uriel. Malaikat agung Uriel yang memerintah Pemerintahan dan Kedamaian. Namanya dapat berarti Cahaya Tuhan. Uriel membawa pedang yang menjaga Taman Eden. Wujudnya adalah seorang laki-laki yang membawa pedang menyala. Dalam kitab Enoch ia dipanggil malaikat Petir dan Terror. Dia diidentifikasi sebagai Seraphim dan Cherub sekaligus, ia dikenal dalam kitab Wahyu yang memanggil para burung untuk membinasakan para Iblis, yang memperingatkan Nuh akan air bah.

Doanya kayak gini: Santo Uriel, bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Buatlah hati kami terbakar dengan nyala Hati Tersuci. Bantulah kami untuk menggunakan sakramen penguatan Krisma yang merupakan karunia dari Roh Kudus sehingga semakin berbuah dalam jiwa kami. Berikan kami berkat dari Pedang Kebenaran untuk menghalau semua yang menentang Harapan Tuhan dalam hidup kami, sehingga kami layak bergabung dalam tentara surgawi.

Yehudiel Penolong Sakratul Maut dan Sakramen Perminyakan Suci.

Santo Yehudiel membawa sebuah mahkota yang membara, melambangkan penebusan dan belas kasih Tuhan dan mahkota kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya. Juga melambangkan penderitaan kita yang ditanggung dalam diri Tuhan Yesus.

Doanya kayak gini: Santo Yehudiel, kau sangat kuat dan mengalahkan Iblis Belzebub. Datanglah dan bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Temani kami dalam peperangan melawan serangan dari neraka yang mengancam Bunda Suci dan Gereja. Jagalah kami dalam sakratul maut dengan kekuatan kehadiranmu. Pertahankanlah kami sehingga kami tidak menghilang tanpa sakramen terakhir sehingga kami siap berdiri untuk menghadapi Hari Akhir. Lepaskan rasa iri dari hati kami melalui kekuatan Tuhan yang kau miliki, sehingga kami bisa sepertimu, memuji kemuliaan Tuhan di kehidupan ini dan yang akan datang.

Santo Sealtiel, penjaga Misa Ekaristi Suci.

Ia membawa dupa melambangkan doa dan penyerahan pada Pengorbanan Tuhan dalam misa.

“Dan malaikat lain datang dan berlutut di dean altar dengan pedupaan emas, dan disana diberikan padanya pedupaan, yang berisi doa semua santo dan santa di depan altar emas, dekat dengan Singasana Tuhan. Asap doa para santo dan santa dari pedupaan naik dari tangan para malaikat itu” Wahyu 8:3-4

Santo Sealtiel datanglah dengan bala bantuan malaikatmu! Datanglah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Belas Kasih, datanglah ke pendoa yang hina ini; dan buatlah aku mengetahui misteri surga melalui Belas Kasih-Nya yang tak terbatas, menjadi pelayan altar-Nya. Doakan kami kami pada Yesus, semoga para imam memiliki hati yang sama dengan Hati-Nya!

Malaikat Agung Cammuel yang berarti “Orang Yang Melihat Tuhan”, ia adalah malaikat cinta dan penjaga pintu Surga. Ia adalah kepala dari Order Kekuatan dan memiliki wujud sebagai prajurit dengan sayap hijau besar, berpakaian kulit merah dan armor hijau, berhelm besi.

Malaikat Agung Cammuel yang berarti “Orang Yang Melihat Tuhan”, ia adalah malaikat cinta dan penjaga pintu Surga. Ia adalah kepala dari Order Kekuatan dan memiliki wujud sebagai prajurit dengan sayap hijau besar, berpakaian kulit merah dan armor hijau, berhelm besi.

Jophiel (Kecantikan Tuhan) adalah salah satu dari Cerubhim, Jophiel dikenal akan tindakannya mengusir Adam dan Hawa setelah mereka berdua makan buah terlarang. Ia juga bertugas menjaga Pohon Kehidupan dari sebelah kanan dengan menggunakan pedang api yang mencegah manusia untuk menerobos masuk.

Metatron adalah malaikat dengan tubuh paling tinggi dan saudara kembar Malaikat Agung Sandalphon. Ia muncul dalam bentuk cahaya sempurna terang, namun ia kadang menunjukkan diri dalam bentuk malaikat api dengan 36 sayap dan memegang gulungan.

Raguel (Teman Tuhan) adalah bagian dari Order Keutamaan. Ia bertugas mengawasi tingkah laku sesame malaikat. Ia merupakan malaikat es dan salju, yang mengkomando malaikat lain dalam Pengadilan Terakhir.

Raziel (Rahasia Tuhan) adalah salah satu dari Cerubhim dan diberi anugrah mengenai pengetahuan yang masih misteri. Malaikat Rahasia dan Misteri ini membantu Enoch dan memberi petuah pada Nuh saat membangun kapal raksasa, namun Nuh tidak menulisnya. Ia adalah kepala dari Order Tahta.

Remiel (Belas Kasihan Tuhan) adalah penguasa para jiwa yang menanti kebangkitan. Malaikat ini membawa jiwa-jiwa untuk diadili. Remiel berarti Tuhan Yang Membangkitkan. Ia juga malaikat harapan. Ia adalah malaikat yang dapat menunjukan penglihatan yang sebenarnya, karena ia pernah memberikan penglihatan pada Baruk untuk menghancurkan musuhnya yang bernama Senaserib. Ia memimpin jiwa yang baik menuju surga bersama dengan Mikael. Ia adalah kepala dari Order Keutamaan, namun ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Fallen Angel…

Sandalphon memiliki tubuh sangat tinggi dan berpakaian hitam, pakaian yang terbuat dari energi murni. Namanya berarti “saudara laki-laki” dan merupakan saudara kembar Malaikat Metatron. Ia adalah kepala koor surgawi yang bertugas sebagai composer.

Sariel (Perintah Tuhan) yang bekerja bersama Raquel. Seraphim ini mengontrol maut dan kematian, mungkin ia adalah malaikat maut dalam Islam. Ia juga penyembuh seperti Raphael, malaikat pengetahuan, dan Jendral Balatentara Surga (karena itu jaman dahulu namanya diukir dalam tameng setiap kerajaan yang akan berperang). Meskipun tidak ada catatan pasti, ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari malaikat pemberontak.

Zadkiel (Kebenaran Tuhan adalah kepala dari Keutamaan. Ia juga dianggap sebagai malaikat belas kasih. Ia adalah malaikatt yang menahan tangan Abraham supaya tidak mengorbankan anaknya. Ia juga merupakan anak buah Mikael (bersama dengan Zophiel) dalam memimpin balatentara surga.




Sumber

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar