Pages

Mengapa Anak-Anak Merokok?


Sekarang ini anak-anak yang merokok semakin mudah saja di temukan, baik itu di pasar, stasiun, terminal atau bahkan lingkungan sekolah dengan cara mencari waktu luang bersembunyi dari gurunya.

Sebagai orang tua. Baik itu orang tua kandung atau pun yang bukan orang tuanya, semestinya mempunyai kepedulian untuk mendidik generasi Indonesia ini. Orang yang lebih tua adalah teladan bagi anak, mereka mempunyai ke ingin tahuan untuk mencontoh.

Seorang guru di sekolah juga biasanya menjadi teladan yang paling utama. Karena seorang anak akan selalu berpegang teguh kepada perkataan gurunya. Saya pernah mengajarkan anak SD pelajaran matematika, saya coba berikan cara yang berbeda dari guru yang mengajarkannya di sekolah dan semuanya benar, tapi dianggapnya kata gurunyalah yang paling benar dan bahkan seandainya gurunya kesalahan dalam mengajar, anak akan menganggap gurunyalah yang benar. Sekali lagi guru menjadi teladan yang utama.

Jika alasan yang menyebabkan anak merokok adalah dari orang tua, itu bisa dibenarkan, anak-anak selalu ingin tahu, anak-anak selalu ingin mencontoh, meniru apa yang di lakukan orang yang lebih tua darinya

Selain itu faktor televisi yang mereka tontonpun juga dapat menyebabkan anak merokok, mereka akan meniru aktor atau model yang di idolakannya. 

Jika generasi bangsa ini terus disuguhi hal-hal semacam ini, bisa-bisa bangsa ini menjadi bangsa yang lemah, bangsa yang mempunyai generasi yang kacau dan bahkan bangsa yang sedang menuju jalan kehancuran. Kenapa? Karena rokok sesungguhnya adalah jalan menuju narkoba. Dan sangat-sangat berbahaya bagi bangsa ini.

Memang memerlukan banyak faktor yang terlibat karena ruang lingkup anak tidak hanya di rumah saja melainkan dengan masyarakat, teman kerabat. Akan tetapi sebagai orang tua kita harus menanamkan nilai budi pekerti yang baik terhadap bahaya rokok bagi anak-anak maupun budi pekerti yang lain.

Jadikanlah rokok sebagai musuh bersama Indonesia, agar Indonesia mempunyai generasi yang kuat,  cerdas, berwawasan ilmu pengetahuan, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan bangsa lain dan berpikiran jauh kedepan.







{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar