Pages

Masakan Mie Dari Seluruh Daerah Di Indonesia


Masakan Mie Dari Seluruh Daerah Di Indonesia



Malem minggu gan…
Saatnya berburu kuliner…!!!
Bagi agan or sista yang hobi berat ama mie, ini gan ada referensinya untuk perburuan malam ini gan…

1. MIE KOCOK
Mie koclok adalah makanan khas kota udang, Cirebon. mie koclok cirebon berisi mie kuning, potongan telor, suiran daging ayam, dan diberi penyedap berupa potongan daun bawang, kol. dan bawang goreng, nah yang bikin beda tu kuahnya.. kuahnya itu berupa santan kental dengan campuran aci dan kaldu ayam, jadi kental-kentalnya mirip cream soup.


2. MIE ACEH
Mie Aceh, satu jenis kuliner yang menggoda dari Aceh, dapat dicicipi dengan dua cara, yakni digoreng atau direbus alias menggunakan kuah. Untuk rasa bisa memilih sendiri, apakah ingin pedas atau tidak. Sebagai variasi bisa menggunakan kepiting, udang, daging atau seafood. Variasi inilah yang nantinya menentukan nama mienya.


3. MIE KOCOK BANDUNG
Mie kocok itu sejenis mie berkuah panas khas Bandung, dengan tambahan taoge dan daging kaskus atau kulit sapi. Rasanya gurih. Nuansa rasa biasanya diperkaya dengan paduan sambal cabai rawit yang pedasnya nendang. Dhuh, bikin ngiler rasanya.


4. MIE CAKALANG
Manado terkenal dengan makanan hasil lautnya. Tak heran menu mie dari daerah ini pun punya ciri khas sajian ikannya, yaitu ikan cakalang. Hidangan mie yang telah dimasak dengan tuna akan disajikan dengan kuah dan dibubuhi abon cakalang. Jangan lupa, agar rasanya semakin ‘Manado’, mie dimakan dengan sambel super pedas, yaitu lombok hijau yang dicampur dengan cuka, air dan garam.


5. MIE CELOR
Mie Celor adalah hidangan mi yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), dicampurkan taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Hidangan ini berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, dan bersama dengan Pempek telah menjadi hidangan khas Palembang. Ukuran mi yang digunakan lebih besar, seperti Mie Aceh atau mi Udon Jepang.


6. MIE BANGKA
Mie Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.


7. MIE ONGKLOK
Mie ongklok (bakmi ongklok) adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mi rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut loh. Paling pas disajikan hangat bersama sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.


8. MIE SAGU
Mie sagu adalah makanan khas masyarakat Selat Panjang, Pulau Tebing Tinggi, Kab. Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. Sudah ada sejak dulu sekali, jadi mi sagu jelas adalah mi yang diciptakan oleh Indonesia. mi ini dibuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu, rasanya kenyal dan enak. dan pohon sagu ini hanya terdapat di Indonesia, seperti daerah maluku, irian jaya, dan riau. tetapi yang daerah yang benar-benar menjadikan sagu sebagai mi adalah Selat Panjang.


9. MIE JAWA
Mie Jawa adalah makanan khas Jawa dari Jogjakarta. Spesifikasinya jelas. Tidak seperti masakan lain pada umumnya. Mie Jawa dimasak dengan menggunakan arang balok kelapa. Penggunaan batok kelapa dilakukan karena beberapa alasan. Selain tak ada abu, aroma mienya juga beda dari mie kebanyakan. Lebih dari itu, panasanya menyengat dan stabil.


10. MIE LOMIE
Mie-nya berwarna kuning, disajikan dengan kangkung, tauge, cacahan daging ayam goreng, pangsit, bakso, rajangan daun bawang, dan bawang goreng. Diguyur dengan kuah kental dengan rasa manis yang dominan. Rasa seafood membuntuti di belakang. Mmmm, sedap, euy!11. MIE BAKSO DAN MIE AYAM
mie bakso dan mie ayam, aduuh yg ini ma ga usah dijelasi lg yah. kayanya semua orang udah tw, obama aja doyan.


11. MIE BAKSO DAN MIE AYAM
Mie bakso dan mie ayam, aduuh yg ini ma ga usah dijelasi lg yah. kayanya semua orang udah tw, obama aja doyan.


12. MIE TOPRAK
Mie Toprak yang isinya berupa gatot, janggelot, karak, sosis, tempe, bakmi, bihun, bawang goreng, irisan kubis, kacang goreng dan pelengkap lainya. dan yang tidak kalah menariknya kuah yang selalu seger, mirasa karena bawang putih dan kambangan sekengkel atau Cigur sapi menjadikan ciri khas tersendiri


13. MIE BELITUNG
Mie khas belitung ini isiannya terdiri dari mie, tauge, irisan kentang rebus, mentimun, udang, irisan tahu, disiram dengan kuah kecap dan diberi beberapa emping. Rasanya ? enak dan manis.


14. MIE LETHEK
Mie Lethek adalah jenis mie yang berwarna kecoklatan sehingga disebut "lethek" dalam bahasa jawa adalah kotor. Meskipun namanya lethek, makanan ini higienis dan memiliki rasa khas serta proses pembuatan sangat tradisional dan unik.



Sumber. http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=135522

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar