Pages

Arti Warna Bendera Dalam Balapan


http://hermawayne.blogspot.com

Dalam balap Formula 1 (F1) atau Moto GP, terdapat bermacam-macam bendera balap yang berfungsi untuk memberi tahu pesan penting kepada para pembalap yang sedang berpacu dalam lintasan lomba. Bendera ini biasanya dikibarkan oleh para marshal di sekeliling lintasan agar dapat dilihat dengan jelas oleh para pembalap. Penggunaan bendera ini juga berlaku di dunia balap Internasional lainnya dan digunakan hampir di semua balapan dunia otomotif, bukan hanya dalam Formula 1 (F1) atau Moto GP saja.

Namun, khusus dalam balap Formula 1, karena pembalap memacu mobil balapnya dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka tentu akan sulit bagi pembalap tersebut untuk melihat bendera yang sedang dikibarkan. Untuk menjawab permasalahan ini, sebuah display khusus dalam setiap kokpit pembalap yaitu GPS Marshalling System dibuat.

Display ini akan menyala sesuai dengan warna bendera balap yang dikibarkan dalam sirkuit. Dengan diciptakannya sistem ini, maka para pembalap pun sangat terbantu untuk mengetahui pesan dari pengawas perlombaan secara efektif. Berikut warna-warna bendera yang digunakan dan makna atau pesan dibalik dikibarkannya bendera tersebut.

Bendera Papan Catur (Chequered Flag)
http://hermawayne.blogspot.com
Bendera ini menyatakan bahwa perlombaan telah usai. Dalam latihan dan sesi kualifikasi, bendera ini dikibarkan jika waktu untuk latihan dan sesi kualifikasi telah habis. Sedangkan ketika lomba, bendera pertama kali dikibarkan kepada pemenang lomba, kemudian kepada setiap pembalap yang berada di belakangnya.

Bendera Kuning
http://hermawayne.blogspot.com
Menandakan bahaya, seperti misalnya ada mobil atau motor yang rusak dan berada di tengah lintasan balap. Jika 1 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sedangkan ketika 2 bendera kuning dikibarkan sekaligus, berarti para pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap berhenti jika diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, jika melanggar maka akan mendapat ganjaran hukuman.

Bendera Hijau
http://hermawayne.blogspot.com
Bila bendera ini dikibarkan, maka menandakan bahaya telah teratasi. Pembalap telah melewati bahaya dan larangan pada bendera kuning pun dicabut.

Bendera Merah
http://hermawayne.blogspot.com
Jika bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan jika terjadi kecelakaan yang fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk. Namun dalam balap Moto GP, sekarang jika hujan turun saat balapan tidak lagi dikibarkan bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.

Bendera Biru
http://hermawayne.blogspot.com
Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa dia akan di over lap. Pembalap yang mendapat petunjuk ini juga harus membiarkan pembalap lain yang akan meng-over lap untuk menyalipnya. Jika pembalap tersebut tidak mengindahkan petunjuk ini sampai maksimal 3 kali, maka pembalap tersebut akan mendapat hukuman. Petunjuk ini juga ditempatkan pada ujung tempat keluar dari pit ketika ada pembalap lain yang berada dalam lintasan mendekat.

Bendera Garis Kuning dan Merah
http://hermawayne.blogspot.com
Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa lintasan menjadi licin, biasanya disebabkan oleh oli atau minyak yang tercecer atau ketika hujan turun.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Berwarna Jingga di Tengah
http://hermawayne.blogspot.com
Biasanya dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah mekanis dan ia harus segera kembali ke dalam pit.

Bendera Hitam Putih
http://hermawayne.blogspot.com
Juga dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia melakukan tindakan yang kurang sportif atau curang. Jika pembalap tidak memperdulikan peringatan ini, maka pembalap tersebut akan menerima bendera hitam.

Bendera Hitam
http://hermawayne.blogspot.com
Dikibarkan juga bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, berarti bahwa pembalap tersebut harus kembali ke dalam pit. Bendera ini juga sering berarti bahwa pembalap tersebut didiskualifikasi dan dikeluarkan dari lomba.

Bendera Putih
http://hermawayne.blogspot.com
Bendera ini dikibarkan untuk memberi peringatan bahwa safety car berada dalam lintasan. Dalam balap Moto GP, bendera ini jarang sekali dikibarkan, bendera putih dalam Moto GP berarti pembalap harus masuk ke dalam pit untuk mengganti ban karena perubahan kondisi cuaca dan lintasan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar