Pages

7 Tips Tidur Nyenyak







Dunia-Hijau.Kebutuhan manusia yang paling penting setelah melakukan aktivitas seharian adalah dengan tidur yang cukup. Pemulihan kondisi tubuh menjadi alasan utama pentingnya tidur bagi seseorang. Namun, tidak jarang orang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Bahkan, hal terburuk yang terjadi adalah menderita insomnia.

Berbagai sebab, mulai dari pikiran yang mengganggu hingga kebiasaan yang telah kita jalani membuat beberapa orang susah untuk memejamkan mata. Seperti dilansir Ambiencr.com, Jumat (14/12/2007), ada beberapa tips supaya Anda dapat tidur nyenyak dan sehat saat istirahat.

Di bawah ini tujuh tips sederhana yang mungkin membantu Anda mempunyai tidur malam yang berkualitas.
1. Biasakan tidur dan bangun dengan teratur
Kebanyakan orang mengalami gangguan tidur, karena kebiasaan atau pola tidur yang tidak beraturan. Tidak teraturnya jadwal tidur tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Ritme tidur yang tidak teratur akan membuat gejala susah tidur Anda semakin terbuka. Nah, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur dan bangun yang teratur.

2. Hindari konsumsi kafein pada malam hari
Kafein terkandung dalam teh, kopi, dan coklat. Kafein merupakan perangsang bagi sistem tubuh yang akan membuat Anda selalu terjaga. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang baik dan tepat waktu sebaiknya Anda hindari minum kopi pada malam hari.

3. Perhatikan pola makan
Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat malam hari Anda tidak nyaman. Selain itu, terlalu banyak minum juga akan membuat Anda semakin mudah pergi ke kamar mandi. Namun jika Anda merasa lapar, lebih baik Anda mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Hal itu tentu akan lebih membantu Anda tidur nyenyak.

4. Lakukan olahraga rutin
Biasakan Anda melakukan olahraga kurang lebih tiga jam di waktu pagi atau siang hari. Selain membuat tubuh Anda sehat, juga akan membuat tidur Anda lebih baik dan nyenyak.

5. Lakukan relaksasi rutin saat jam tidur
Berbagai relaksasi sebagai pengantar tidur Anda akan memudahkan Anda tertidur. Berbagai aktivitas seperti membaca buku ataupun mendengarkan musik dapat menjadi hal termudah sebagai pengantar tidur Anda. Selain itu, situasi kamar baik dari kerapian, ketenangan, pencahayaan yang cukup, busana tidur yang lembut, dan suhu juga sangat memengaruhi kuantitas maupun kualitas tidur Anda.

6. Segera keluar kamar tidur saat Anda bangun
Terkadang orang yang sudah terjaga dari tidur akan kembali tertidur jika masih berkutat di dalam kamar. Perasaan malas tentu bisa menjadi bumerang bagi Anda, sehingga tak jarang membuat Anda kembali tertidur. Hal itu akan berakhir buruk jika Anda harus dihadapkan pada deadline waktu yang ada.

7. Bicarakan kondisi Anda dengan dokter atau ahli
Anda yang memiliki masalah dengan tidur Anda, sebaiknya segera melakukan diskusi atau konsultasi pada dokter atau ahli yang berkompeten. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu menganalisa penyebab Anda mengalami gangguan tidur. Ingat, gangguan kecil pada tidur Anda dapat berujung buruk bagi kesehatan Anda selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang merasa mengalami gangguan tidur sekecil apapun harus lebih berhati-hati. Jangan sampai Anda mengganggap remeh gejala gangguan tidur yang Anda alami. Tak jarang orang yang mengalami gejala awal susah tidur harus berakhir menjadi penderita insomnia.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar