Pages

6 Kesalahan Dalam Melamar Pekerjaan







Dunia-Hijau. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan sebagai berikut :

1. Tujuan / Kepentingan yang tidak begitu jelas/Berlebihan
Dalam membuat surat lamaran pekerjaan jangan membuat kalimat pernyataan yang terlalu panjang, umum dan tidak bermakna. Seperti misalnya " ... mencari posisi yang menawarkan karier yang lebih menantang dan menarik..." . Alangkah baiknya jika anda menyampaikan langsung sesuatu yang berkaitan dengan posisi yang ditawarkan (dilamar).

2. Hati hati dengan akronim
Di bidang pekerjaan tertentu. misalnya saja pekerjaan TI , apalagi khususnya Jaringan atau semacamnya , tentu saja lebih banyak melibatkan akronim. Anda harus berhati hati karena pencamtuman banyak akronim akan hanya menghabiskan ruang. Cantumkanlah sepantasnya saja. Misal sebagai teknisi jaringan anda pasti memahami TCP/IP, TFTP, VLSM, VLAN dll. Anda tak perlu mencantumkan semuanya di surat lamaran. Namun anda juga harus siap menjawab bila nanti diwawancarai.

3. Skiil Yang Usang
Pertimabangkanlah keahlian anda yang miliki, Apakah masih relevan dengan posisi yang sedang anda incar?? dan lebih baik lampirkan informasi tersebut di bagian deskripsi pekerjaan.

4. Tidak paham Posisi
Apapun posisi yang anda incar, pahami betul makna dari posisi tersebut dan benar benar mencari tahu apa yang diharapkan perusahaan dari posisi tersebut

5. Pengalaman tidak jelas
Berikan keterangan yang jelas di bagian Pengalaman Kerja. Dan pastika anda benar benar memiliki pengalaman yang disyaratkan

6. Lupa Tujuan
Ingat , Surat lamaran anda ditujukan kepada seorang profesional di bidang teknologi. Bagian SDM atau personalia memang ikut menelaah surat lamaran, tapi supervisor di posisi itulah yang akan menentukan mana pelamar yang akan diwawancarai.


{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar