Pages

DocJax, Search Engine Untuk Dokumen


Pengguna Google tingkat mahir pasti tahu cara untuk mem-filter pencarian dari Google dengan menggunakan tipe dari dokumen. Biasanya dilakukan dengan menambahkan parameter filetype: di belakang kata yang dicari. Tetapi sebenarnya ada cara yang lebih cepat dan mudah dari itu.

Pada penggunaan parameter filetype: di pencarian pada Google, user harus mengetikkan parameter itu setiap kali pencarian. Misalnya Anda akan perlu terus mengetikkan atau meng-copy-kan parameter filetype:PDF di belakang kata atau frase yang dicari untuk setiap kali Anda ingin Google hanya menampilkan hasil berupa dokumen bertipe PDF. Memang cukup berguna tapi sedikit merepotkan.
Ada cara sederhana selain itu, yaitu dengan menggunakan DocJax. Ini adalah search engine yang dibuat berdasarkan ide tersebut. Tetapi mudahnya, Anda tinggal memasukkan query Anda, tanpa perlu menambahkan parameter apapun. Dan DocJax akan menampilkan dokumen bertipe Word, Excel, PowerPoint dan PDF.

Secara default, halaman hasil akan menampilkan dokumen dari keempat jenis file itu, tetapi Anda dapat mem-filter-nya dengan mengklik DOC, XLS, PPT atau PDF.

Anda juga dapat klik Preview It di bawah setiap dokumen untuk membuka preview penuh dari dokumen itu. Juga ada pilihan untuk Download.

Jika Anda malas setiap kali harus masuk ke situs DocJax setiap kali Anda ingin mencari, tinggal klik Add Search Extension untuk menambahkan DocJax ke bagian toolbar search engines dari browser Anda.

Ini tentunya jauh lebih mudah dari search menggunakan tipe file di Google, yang mana membatasi pencarian dengan satu tipe file pada setiap pencarian dan tidak ada fitur preview dan download.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar