Pages

Cara Perbaiki Laptop Yang Berisik dan Panas


Bagi Anda yang menggunakan laptop pasti suatu kali pernah mengalami kalau gadget penting Anda ini mengeluarkan suara yang berisik dan panas yang berlebihan. Salah satu sebab dari masalah itu terletak pada kipas pendingin yang bekerja non stop dan berputar dalam kecepatan tinggi.

Jika pernah membuka komputer desktop, Anda mungkin sudah tahu seberapa banyak debu dapat terhisap ke dalamnya. Laptop meski terlihat begitu tertutup rapat, juga sama mudahnya dimasuki debu. Debu-debu itu terus menumpuk sebelum akhirnya menyumbat kipas pendingin dan bagian lain di sekitarnya, yang membuat kipas itu berputar sambil mengeluarkan suara keras dan panas. Kalau sudah begini, laptop tinggal menghitung waktu aja untuk mulai kepanasan dan bisa hang sewaktu-waktu.
Untungnya, caranya sangat mudah untuk memperbaikinya. Rick Broida, blogger PC World akan menjelaskan caranya. Yang Anda perlukan hanya sebuah obeng kecil dan kompresor.

Langkah-langkahnya:
- Matikan laptop, cabut AC adapter-nya juga. Balikkan laptop-nya dan lepaskan baterainya. Cari lubang ventilasi udara yang ada di bagian tepi luar dari laptop. Lepaskan panel penutup yang ada di dekat lubang ventilasi itu dengan menggunakan obeng. Anda akan melihat kipas pendinginnya.
- Sekarang saatnya untuk menyingkirkan debu-debunya. Sebaiknya lakukan ini di luar ruangan. Tiuplah kipas pendinginnya dengan kompresor angin dengan tekanan rendah. Arahkan ke semua bagian dari kipas terutama bagian yang menghadap ventilasi udara. Pastikan dulu tekanan tiupan anginnya rendah agar tidak merusak kipas dan bagian lainnya.
- Setelah itu pasang kembali panelnya beserta bautnya dengan obeng. Kemudian yang terakhir pasang kembali baterainya.

Hasilnya setelah Anda hidupkan lagi, laptop Anda akan tenang sekali seperti yang seharusnya. Jika laptop Anda sudah terpakai lebih dari setahun, memang sudah saatnya Anda melakukan pembersihan seperti ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar