Pages

MasterCheff Indonesia




Dunia-Hijau.Siapa yang belum pernah nonton MasterChef Indonesia disalah satu tv swasta setiap hari Sabtu dan Minggu jam 16.30 WIB ini. Acara kontes masak ini mengambil license dari luar dengan nama serupa. Para juri Masterchef Indonesia terdiri dari 3 orang yaitu :


Master Chef Vindex Tengker
Pria kelahiran Jakarta 24 November 1968 yang bernama lengkap Vindex Valentino Tengker ini memulai karir nya sebagai chef sejak tahun 1989. Berbagai pengalaman sudah didapatkan dari berbagai negara dan hotel berbintang, diantaranya Hotel Amandari, Bali Dynasty , Dubai, Mallorca, Hotel Four Seasons , Los Angeles, Bali dan Jakarta. Beliau ini adalah President Assosiasi Culinary Professional Indonesia yang juga menjabat sebagai Chef Eksekutif di Hotel Four Seasons, Jakarta.
Walau Chef asal Manado ini lahir di Jakarta, beliau lebih merasa Bali adalah rumahnya.
“Bali lebih baik, untuk pekerjaan juga bagus, disana tidak macet dan kita bisa tahu durasi yang dibutuhkan untuk menuju suatu tempat, tidak seperti Jakarta, sulit diprediksi. Apabila mengemudi 30 menit, kadang bisa membutuhkan 2 jam. Hal ini membuat frustrasi”, katanya.
Chef Vindex punya impian untuk pensiun di Bali, tapi sekarang ini beliau masih ingin terus bekerja di berbagai hotel di Asia.“Mungkin saya akan membuka sebuah restoran den gan masakan rumahan”
Chef Vindex tertarik dengan memasak karena sejak kecil beliau suka membantu neneknya memasak. Apalagi beliau suka makanan apa aja. Menurut Chef Vindex, memasak itu adalah bakat karena ada orang yang suka masak tapi selalu gagal.
Setelah lulus dari LPLIP (Lembaga Pendidikan dan Latihan Industri Pariwisata) yang sekarang namanya APJ (Akademi Pariwisata Jakarta), beliau bekerja sebagai chef di berbagai hotel internasional.
Setahun bekerja di Hotel Amandari, Chef Vindex pindah ke Bali Dynasty. Lalu setahun kemudian beliau berhenti dan pindah ke Spanyol karena mendapat tawaran kerja di sebuah restoran Indonesia di Mallorca, Spanyol.


Vindex Valentino Tengker



Master Chef Juna
Nama lengkapnya adalah Junior Rorimpandey Chef asal Manado yang lahir pada 20 Juli 1975 ini, Profesi Chef Juna terjadi secara nggak sengaja. Pada tahun 1997, ia pergi ke Amerika Serikat (Brownsville, Texas) untuk sekolah penerbangan. Chef Juna telah mendapat lisensi pilot, tapi ditengah mengambil lisensi komersial, sekolah penerbangannya bangkrut. Akhirnya ia pergi ke Houston untuk lanjutkan pelatihan. Awal 1998 disaat Indonesia sedang dilanda krimon (krisis ekonomi), ibunya nggak bisa membantu keuangannya di luar negeri, dan akhirnya ia harus mencari kerja walau secara ilegal (belum mendapatkan ijin kerja).

Berbagai pekerjaan yang dicoba Chef Juna, akhirnya ia kerja di restoran tradisional Jepang sebagai waiter (pelayan). Setelah 2 minggu, master sushi menawarkannya untuk jadi muridnya, Chef Juna terima tawaran itu. Ia akhirnya mulai dari dasar dan dilatih sangat keras. Pemilik restoran itu kagum dengan kinerjanya dan mensponsori Chef Juna untuk mendapatkan Permanent Resident (ijin tinggal).
Pada tahun 2002, Chef Juna mengambil alih sebagai head chef (kepala koki) di restoran karena sushi master yang melatih Chef Juna ini pindah ke restoran lain. Di tahun 2003, ia pindah kerja ke restoran sushi nomor satu di Houston yang bernama uptown sushi . Setelah beberapa bulan, ia menjadi Executive Chef disana. Masuk ke tahun 2004, Chef Juna mulai jenuh dengan masakan Jepang, dan akhirnya ia pindah ke restoran Perancis, The French Laundry yang dikenal sebagai restoran yang menerapkan standar tinggi. Ia mulai dari awal lagi. Lalu, ia juga mencari pekerjaan di tempat lain agar dapat belajar lebih banyak.
Di French Laundry , ada hukuman bagi yang melakukan kesalahan walau kesalahan sederhana. Mereka dilatih dengan baik dan disiplin yang diterapkan seperti militer. Disana Chef Juna belajar banyak teknik, mengontrol protein pada makanan, dan menciptakan makanan yang dihias cantik dan sangat enak. Tidak heran waktu Chef Juna menilai peserta Master Chef Indonesia sangat galak. Galaknya pasti keluar kalau liat makanan yang dihias berantakan dan rasanya hambar
Selama 14 tahun hidup di Amerika Serikat pun Chef Juna telah menjalani asam garam persaingan hidup negara adi daya. Lelaki yang memiliki tato di kedua lengannya ini pernah mengalami overdosis obat-obat terlarang, mengalami penculikan, penyiksaan hingga satu ketika kepalanya pernah ditodong dengan pistol. Mungkin itulah salah satu alasan kenapa chef Juna terlihat garang waktu memberi komentar terhadap hasil karya konstestan Master Chef Indonesia. Saat ini Juna menjadi executive chef di restoran Jackrabbit yang terletak di Kuningan, Jakarta. 

Junior Rorimpandey



Master Chef Rinrin Marinka
Satu-satunya juri wanita dalam MasterChef ini merupakan lulusan dari Le Cordon Bleu, Sidney Australia, yang menganggap bahwa kreativitas dan imajinasi merupakan elemen penting untuk menjadi seorang chef.

Mulanya Rinrin mengembangkan kariernya di Australia tetapi dia memutuskan untuk kembali ke tanah air dengan membawa misi khusus yaitu untuk mengenalkan masakan Indonesia di mata Internasional.Rinrin berharap dari program MasterChef Indonesia Ini masyarakat dapat mempelajari banyak hal, salah satunya adalah ragam teknik dalam mengolah bahan.

“Saya percaya bahwa presentasi dan rasa dari sebuah masakan itu sama pentingnya dan ini berlaku untuk masakan yang paling sederhana sekalipun”, ujar Rinrin. Terpilih menjadi satu dari juri Chef Master di MasterChef Indonesia bagi Rinrin adalah sebuah kebanggan mengingat dia menjadi juri termuda dan akan bersanding dengan Juna dan Vindex .

Meski demikian hal tersebut tidak langsung membuat rasa percaya dirinya berkurang. Baginya usia bukanlah tolak ukur kemampuan seseorang, begitu juga kepercayaannnya akan kemunculan program Masterchef Indonesia untuk pertama kalinya di Asia.

Dalam program MasterChef Indonesia nanti, Rinrin dipercaya menjadi Chef Master yang akan memberikan saran dan masukan yang dapat membangun kreativitas kontestan yang akan bertanding di Galeri MasterChef.



Rinrin Marinka

                                                             Master Chef Vindex 



Master Chef Juna & Master Chef Rinrin Marinka 


                                                             Juri Master Chef 



Peserta Master Chef  Indonesia



Peserta Master Chef  Indonesia

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar