Pages

Ditemukan Mumi Sumatera Memakai Sanggul



Warga Kota Pagaralam, Sumatra Selatan, menemukan benda berbentuk mumi di Sungai Selangis Dusun Gunung Ilir, Kecamatan Dempo Utara, Senin.

Penemuan itu tidak jauh dari batu megalit kerbau. Posisi benda tersebut tertimbun tanah dan muncul akibat tanah terkuras air sungai saat terjadi banjir di sekitar sawah milik Irumsyah, warga setempat.

Menurut Irumsyah, benda itu ditemukan sepasang bentuknya hanya tampak berwujud kepala dan setengah badan, sedangkan satu lagi berbentuk seperti perahu dengan ukuran tinggi sekitar 20 centimeter (cm) diameter 15 cm memiliki berat sekitar 1 kilogram.

Dikatakannya, benda berbahan mirip kayu yang sudah mengering diolesi pernis itu, tampak mengkilat dan bila difoto menggunakan kamera seluruh bagian seperti diselimuti lapisan lemak.
Awal penemuan batu ini, menurut dia, melalui mimpi akan terjadi musibah tanah longsor, kemudian akan ada benda muncul tepat berada di lokasi tersebut.
Sesuai firasat mimpi memang terjadi banjir yang disertai longsor cukup besar, dan tidak jauh dari megalit batu kerbau muncul dua buah benda yaitu satu berbentuk badan manusia menyerupai mumi dan satu lagi seperti perahu.

"Batu berbetuk mumi itu memiliki kepala, setengah badan dan banyak guratan seperi lilitan, dan lokasi ditemukan batu tersebut di Sungai Selangis, Dusun Gunung Ilir, Kelurahan Agunglawangan, Kecamatan Dempo Utara," kata Irumsyah, pemilik benda tersebut.

Ia mengatakan, bentuknya cukup aneh seperti kayu tapi keras sama dengan batu sangat mirip dengan manusia yang bersanggul, warna coklat muda berkilau dengan posisi tegak.

"Diperkirakan benda itu sudah berumur ribuan tahun dan kelihatannya buatan tangan manusia, tapi kita kurang paham awal terbentuknya karena saat ditemukan sudah seperti itu," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Senibudaya, Syafrudin, mengatakan, penemuan sudah sering terjadi terutama batu megalit di daerah Pagaralam, bahkan ada sebagian yang sudah dilakukan pelestarian dengan memagar keliling, namun sebagian lagi masih terbentur dana.

"Kita akan melakukan pendataan semua penemuan sejumlah benda bersejarah termasuk membuat musium tempat menyimpan berbagai benda bersejarah," kata dia lagi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar