Pages

20 Font yang Paling Terkenal dan Berpengaruh di Desain Grafis


Apa yang muncul di benak anda saat anda memikirkan Pepsi atau FedEx ? Ingat tidak logo Produk tersebut? Kedua produk tersebut mempunyai logo yang menakjubkan. Ya! Produk-produk tersebut menggunakan font yang hebat untuk logo!

Font merupakan sesuatu untuk membuat teks atau desain terlihat jelas. Ada banyak sekali font yang ada saat ini. Dan beberapa dari mereka digunakan oleh desainer dan organisasi sebagai ciri khas lembaga tersebut, dan bahkan membuat font tertentu itu menjadi font yang paling terkenal dan berpengaruh dalam desain grafis. Di bawah ini daftar font-font menakjubkan tersebut :


helvetica
1. Helvetica
Semua grafik desainer di dunia setuju bahwa Helvetica adalah font yang paling populer dan berpengaruh karena digunakan secara luas sampai saat ini. Font sans-serif typeface ini dibuat oleh Eduard Hoffmann dan Max Meidinger, desainer Swiss terkenal.

Helvetica mempunyai banyak versi untuk Greek, Hindi, Latin, Japanesse, Hebrew, dll. Perusahaan terkenal seperti AT & T, American Airlines, Toyota, dan Microsoft menggunakan Helvetica. Untuk mendapatkan Helvetica secara gratis klik disini.


futura
2. Futura
Futura adalah sans-serif lainnya selain Helvetica yang banyak digunakan di kalangan desain grafis. Futura ini berdasarkan bentuk geometris dan digunakan untuk logo, pameran, dan buku di mana ukuran teks yang diperlukan tidak terlalu besar. Font ini pertama kali dikomersialkan pada tahun 1927 oleh Bauer type foundry.


garamond
3. Garamond
Garamond ialah salah satu typeface yang cukup tua. Dibuat pertama kali oleh Raja Francis I di tahun 1540-an. Sejak itu typeface ini digunakan berbagai bentuk dibermacam-macam negara. Versi modern-nya yang sangat terkenal ialah Adobe Garamond di mana mudah untuk menemukannya di textbook dan majalah. Anda juga bisa menemukannya di edisi Harry Potter!


bodoni
4. Bodoni
Bodoni diambil dari nama pembuatnya, Giambattista Bodoni, biasany digunakan untuk headline dan logo. Font ini telah digunakan berbagai jenis buku sejak 300 tahun lalu. Salah satu versinya bernama Poster Bodoni yang didesain Chauncey H. Griffith, banyak digunakan poster dan pameran besar.


frutiger
5. Frutiger
Frutiger pertama kali diigunakan di Charles De Gaulle International Airport di Prancis. Font ini didesain oleh desainer Swiss, Adrian Frutiger dan anda bisa melihat font ini telah banyak digunakan diberbagai simbol, pameran, dan berbagai pekerjaan desain.


trajan

6. Trajan
Trajan banyak dingunakan dalam poster movie dan promosi. TrajanBold, salah satu versinya merupakan font yang digunakan dalam poster film-film terkenal termasuk Titanic! Desain font ini terinspirasi dari kekaisaran Roma. Font ini didesain oleh Carol Twombly pada 1989 untuk Adobe.


myriad
7. Myriad
Myriad adalah font yang hebat yang didesain Carol Twombly dan Robert Slimbach untuk Adobe tahun 90-an. Penggunaan font ini dapat ditemukan disemua produk Apple dan sebagai font korporat Apple.


minion
8. Minion
Minion adalah serif typeface yang digunakan untuk kepentingan edukasi di berbagai universitas. Didesain oleh Robert Slimbach untuk Adobe. Variannya seperti Minion Expert, Minion Pro, Minion Cyrillic, dan Minion Std Black.


bembo
9. Bembo
Bembo pertama kali diperkenalkan di Cardinal Bembo’s Book De Aetna yang menggambarkan perjalanan ke Mount Aetna di Italia. Wajah baru font ini didesain oleh Stanley Morison pada 1929. Font ini digunakan untuk banyak kepentingan.


baskerville
10. Baskerville
Font populer selanjutnya ialah Baskerviile yang didesain John Baskerville pada 1757. Font ini hasil dari percobaan untuk mengembangkan typeface lainnya. Biasa digunakan untuk textbook dan materi pelajaran.


rockwell
11. Rockwell
Rockwell adalah varian dari geometric slab serif yang terutama digunakan orang Mesir pada awal abad 19. Pertama kali digunakan oleh Monotype Corporation pada 1934 dan sejak itu muncul produk terkenal termasuk majalah Time dan OS Apple’s Tiger. Sebagian besar digunakan untuk headline, teks pendek, dan poster.

verdana
12. Verdana
Tidak ada yang menyangkal bahwa font yang satu ini termasuk font yang paling popular dan berpengaruh yang sangat menyumbangkan kontribusi ke grafik web dan desain dalam 2 dekade terakhir. Didesain untuk Microsoft pada 1996, dan masih berlanjut sebagai font inti dalam web.


franklin gothic
13. Franklin Gothic
Adalah salah satu sans-serif yang didesain oleh Morris Fuller Benton. Font ini mempunyai jenis dengan berbagai lebar dan digunakan sebagai iklan, pameran, papan pengumuman, buku, dan berbagai jenis media.


Times New Roman
14. Times New Roman
Jangan lupakan Times New Roman dalam list ini. Font ini digunakan secara luas di buku, majalah, dan berbagai macam print-printan. Font ini didesain Stanley Morris dan Victor Lardent, pertama kali muncul pada 3 Oktober 1932 di majalah terkenal Inggris, The Times.


gill sans
15. Gill Sans
Pertama kali muncul di Inggris pada tahun 1928 dan didesain oleh Douglas Cleverdon dan kemudian dikembangkan oleh Eric Gill. Terinspirasi dari desain font-nya Edward Johnston untuk London Underground, font ini digunakan banyak produk seperti Mac OS X dan produk Microsoft.


univers
16. Univers
Didesain oleh Adrian Frutiger. Font ini banyak kesamaan dengan Helvetica. Univer dapat dibaca dengan mudah dari kejauhan dibanding font lainnya. Karena itu anda bisa menemukan itu pada berbagai kompani penerbangan (airlines). Perusahaan terkemuka menggunakan font ini adalah Swiss International Airlines, Deutsche Bank, dan Frannkfurt Airport.


clarendon
17. Clarendon
Dikembangkan pada awal abad 19 di Great Britain. Selam periode industrialisasi, font ini digunakan secara luas dan banyak oleh perusahaan di Inggris dan negara Eropa lainnya. Baru-baru ini, font ini menjadi terkemuka di restoran Ruby Tuesday karena menggunakannya di perubahan brand-nya.


FF Din
18. FF Din
DIN berarti Deutsches Institut fur Normung (Institut Jerman untuk Standarisasi). FF DIN adalah font modern yang didesain oleh desainer Jerman yang baru-baru ini digunakan banyak perusahaan terkenal sebagai identitas perusahaan itu. Contoh : Adidas, JetBlue Airways, dan American Eagle Outfitters.


avenir
19. Avenir
Salah satu seri font populer yang dibuat Adrian Frutiger. Digunakan secara luas untuk menambah style dan kejelasan teks. Seperti font lainnya, font ini mempunyai beberapa varian.


warnock pro
20. Warnock Pro
Warnock Pro didesain oleh Robert Slimbach dan diberi nama John Warnock (co-founder Adobe Systems) pada abad 21. Dipertimbangkan sebagai font yang popular. Digunakan oleh banyak produk seperti Adobe CS.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar