Pages

Manggis, Libas Habis Radikal Bebas





Siapa sangka buah manggis yang bijinya bisa kita hitung dari luar (masih ingat triknya kan?) adalah buah yang mendapat gelar buah paling nikmat di dunia oleh orang orang bule dengan gelar "Ratu Kaum Buah-Buahan" (walaupun jika dimakan bersama dengan Raja Buah (durian) rasanya belum tentu nikmat).

Manggis selain terkenal karena rasanya, ternyata mengandung banyak sekali nutrisi. Buah ini banyak mengandung serat dan karbohidrat, serta mengandung banyak sekali vitamin A, B2, B6 dan vitamin C dan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan kalium. Manggis juga mengandung banyak Xantones, yang merupakan antioksidan kuat yang akan mengurangi radikal bebas.

Xanthones ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat penuaan, dan mengurangi penyakit seperti artritis dan bahkan dapat menyembuhkan alergi, mengurangi kemungkinan diabetes, kanker, Parkinson, migrain, bahkan sakit jantung.

Bukan hanya buahnya, kulit buah manggis yang kaya Tanin, seringkali diambil ekstraknya dan dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan, dan dalam bentuk salep, buah manggis akan membantu eksim dan berbagai keluhan kulit.

Tapi harus diingat bahwa xanthones dalam buah manggis ini akan mengganggu pembekuan darah, dan dapat menyebabkan efek seperti obat penenang. Jadi bisa dibilang, dengan sedikit efek samping ini, maka manggis adalah sumber nutrisi yang luar biasa. Baik dalam bentuk buah, dalam bentuk jus ataupun teh dan suplemen, manggis adalah buah yang tidak hanya nikmat, tapi juga sangat bermanfaat!

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar