Pages

Dengar Musik, Buat Hasil Olahraga Lebih Efektif


Latihan aerobik, tidak akan lengkap rasanya tanpa diiringi musik berirama up-beat. Begitu juga dengan lari. Mungkin Anda pernah melihat adegan iklan di televisi atau film yang menayangkan aktornya jogging atau berlari di sekeliling taman sambil mendengarkan musik. Ternyata, musik punya peranan penting dalam kesuksesan olahraga.

Dikutip dari Livestrong, beberapa musik tertentu bisa membantu meningkatkan hasil dari latihan aerobik atau olahraga lainnya. Studi yang dilakukan Research Institute for Sport and Exercise Science di Liverpool, Inggris, mengungkapkan, menaikkan tempo musik bisa meningkatkan jangkauan bersepeda hingga beberapa mil. Semakin cepat tempo musik, semakin cepat juga Anda bergerak mengikuti musik sehingga latihan akan lebih intens.

Contohnya, spinning atau olahraga menggunakan sepeda statis. Mendengarkan tempo musik yang cepat, kaki Anda pun akan bersemangat mengayuh lebih cepat. Latihan yang intens, bisa membakar kalori lebih banyak sehingga latihan lebih efektif memperlihatkan hasil yang diinginkan.

Apa lagi keuntungan yang bisa didapatkan dengan berolahraga sambil mendengarkan musik? Ini dia jawabannya.

Mengalihkan Rasa Lelah
Saat Anda harus melakukan rutinitas olahraga cukup keras dan intens, musik bisa mengalihkan pikiran Anda dari kelelahan. Sebagai contoh, saat Anda latihan lari marathon, musik membuat otak mengabaikan rasa letih sehingga Anda pun berhasil berlari sampai garis 'finish' atau menyelesaikan lari tepat waktu.

Tapi Dr. Len Kravitz dari University of New Mexico menyarankan, sebaiknya hanya gunakan musik untuk olahraga saat tubuh Anda dalam kondisi prima. Musik bisa membuat Anda lupa akan kondisi fisik, jadi tidak dianjurkan bila Anda memiliki masalah pada penyakit jantung atau persendian.

Penyemangat
Musik sering digunakan untuk membantu menambah semangat para atlet profesional sebelum bertanding. Nah, efek yang sama juga bisa didapat jika Anda latihan aerobik sambil memutar musik berirama cepat. Kenapa? Karena musik bekerja sebagai simultan bagi tubuh.

Tak hanya irama, lirik lagu dengan tema dansa, pertemanan atau lingkungan bisa bantu tingkatkan gairah dan kesiapan sebelum melakukan olahraga setiap harinya. Sebaliknya, musik yang berirama pelan atau bertema kesedihan, membuat tubuh lebih tenang dan mengganggu mentalitas sehingga malas berolahraga.

Memilih Musik
Setelah tahu manfaat musik dalam olahraga, saatnya Anda mengenali jenis-jenis musik yang bisa tingkatkan efektivitas latihan Anda. Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan; jumlah ketukan per menit, lirik dan jenis musik yang Anda sukai. Coba beberapa lagu berbeda untuk melihat, apakah kecepatan ritme lagu cocok dengan olahraga yang Anda jalani.

Cari lirik lagu yang memotivasi, tapi jika tidak menemukannya, pilih lagu dengan permainan instrumen bertempo cepat, misalnya musik tekno. Putarlah musik yang Anda senangi. Musik-musik bergenre hard core atau heavy metal memang bertempo cepat dan memacu adrenalin. Tapi bila Anda tidak menyukainya, telinga Anda justru akan terganggu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar