Pages

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Susah Tidur


susah-tidur
Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama kita agar tetap bisa menjaga kesehatan dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Saat tidur tubuh diistirahatkan untuk beberapa jam, metabolisme diturunkan sehingga sel-sel tubuh yang mengalami gangguan dapat diperbaiki dan sel-sel yang mati dapat diganti. 
Tidur bagi sebagian orang merupakan hal yang mahal dan susah didapatkan, karena beberapa dari kita mengalami apa yang dinamakan dengan gangguan tidur,yang mungkin berupa gangguan memulai tidur, susah mempertahankan tidur, tidur tidak nyenyak atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Dan pasti keadaan ini akan menyebabkan gangguan pada tubuh dan pada akhirnya akan menurunkan kualitas hidup dan dapat menyebabkan penyakit.
Jika Anda pernah mengalami gangguan tidur perlu kiranya mengetahu apa saja yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda, agar bisa menghindarinya. Beberapa hal yang hal yang dapat menyebabkan susah tidur adalah :
  • TelevisiBanyak orang menggunakan televisi untuk dapat memulai tidur. Anda mungkin bahkan punya televisi di kamar tidur Anda. Namun televisi bukannya membuat rileks malah akan merangsang pikiran karena 
    acara televisi yang disuguhkan pada larut malam biasanya penuh dengan materi kekerasan, debat apalagi akhir-akhir ini banyak skandal dinegara kita. Acara -acara seperti itu akan menyebabkan otak kita bekerja lebih aktif dan pada akhirnya menyebabkan susah tudur. Disamping karena acara yang disuguhkan, cahaya  yang berkedip-kedip dari televisi dan juga kebisingan yang diciptakannya akan mengganggu jam biologis yang sangat sensitif terhadap cahaya yang pada akhirnya menyebabkan susah tidur. 
  • Terlalu banyak makanan, terutama makanan berlemak. Terlalu banyak makan pada saat makan malam menyebabkan organ pencernaan perlu bekerja ekstra keras terutama untuk mencerna lemak karena perut memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna jenis makanan ini. Keadaan ini bisa menyebabkan  masalah perut dan mulas pada saat akan tidur.
  • Terlalu banyak minumMinum banyak cairan dapat menyebabkan anda sering terbangun sepanjang malam untuk ke kamar mandi, dan terkadang setelah bangun Anda susah untuk memulai tidur lagi.
  • Minum AlkoholBanyak orang berpikir bahwa minum alkohol sebelum tidur akan membantu mereka tidur. Walaupun mungkin membuat Anda jatuh tertidur lebih cepat, alkohol akan mengurangi kualitas tidur Anda, karena Anda harus sering bangun di malam hari untuk kekamar kecil. Hal ini karena Alkohol akan meningkatkan produksi kencing pada tubuh.
  • Kafein. Minum kopi (kafein) diwaktu sore atau setelah makan malam akan menyebabkan gangguan tidur karena kafein akan merangsang sel-sel saraf pada otak dan membuat otak menjadi lebih aktif, dan Anda akan susah memulai tidur. Disamping itu sama dengan alkohol kafein juga meningkatkan produksi air kencing yang akan menyebabkan anda sering terbangn untuk ke kamar kecil.
  • MerokokMerokok menyebabkan masalah tidur dengan berbagai cara. Salah satunya karena Nikotin merupakan stimulan otak, disamping itu otak yang sudah terbiasa / ketagihan dengan efek nikotin akan mengalami efek withdraw (lepas obat) pada malam hari saat Anda tidur yang akan mengakibatkan gangguan tidur.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar