Pages

TIPS DAPET IPK GEDE (Mahasiswa Wajib Baca)


Bermula dari saya berpikir bahwa kenyataan kebanyakan orang-orang sukses di luaran sana berhasil atau sering disebut orang sukses tidak hanya memiliki IPK tinggi bahkan cumlaude sekalipun. Nah, bener atau ga ya apa yang ku pikirkan ini?

Tapi terlepas dari itu semua, emang sih memasuki dunia kerja memang butuh yang namanya IPK gede apalagi kalo pengen masuk company . Apalagi kalo public company yang notabene top gitulah.

Aku pernah mengikuti seminar, wah aku lupa seminar apa itu namanya, yang jelas salah satu isinya yang masih aku inget nih bahwa kesuksesan tidak selalu bergantung banged ama yang namanya IPK ato nilai indeks prestasi gede di kampus. Apa bener ya??

Lalu, ngapain donk orang kuliah susah-susah dapetin nilai bagus kalo ternyata dunia yang sebenarnya yaitu dunia kerja malah ga dapt kerjaan? Eh…perlu diralat kali cara belajarnya mungkin….

Masak udah IPK cumlaude ga bisa apa-apa pas kerjanya???Aduh, menyedihkan sekali ya??

Trus kesuksesan katanya nih dalam seminar itu tidak tergantung pada aspek IQ aja loh??Ada komponen lain yg mendukung biar sukses yaitu EQ ato Emotional Quotion, dan SQ ato Spiritual Quotion, nah jadi ternyata ada 3 komponen yang menyebabkan orang sukses. Ada lagi yang nambahin Sosial Quotion dan ini jg biasanya masuk ke dalam kategori EQ tadi.

Nah..loh jadi temen2 ga usah pada pusing nih yang ngerasa punya IPK di bawah rata-rata apalagi yang cuman nasakom (nasib satu koma), hidup itu tak selebar daun kelor koq,,hehehe. Kesuksesan itu terletak pada kemauan dan kemampuan kita dalam mengcombine 3 unsur tadi.

Nah, gmana donk jadinya biar tetep dapet IPK tinggi tapi tetep juga gaul ama temen (biar ga kuper .red). Kali ini aku akan berbagi dengan temen2 smua.

Aku sempet loh dapat juara umum dari SD ampe SMA bahkan rencananya sampai kuliah nih. hehe . Nah karena itu, pernah ada temen yang suka jail bilangin kalo aku tuh kutu buku, artinya aku hanya demen tuh yg namanya buku-buku pelajaran di sekolah sampai-sampai dibilangin, temen2Q itu-itu aja dan kurang gaul..

Aduh,. Aku sempet kesel, padahal ga gitu juga sih…kalo aku kutu buku dan kurang gaul, kenapa aku pernah dapat channel ikut lomba bahkan sering kali mewakili kotaku sebagai duta dan punya kenalan banyak kayak Pak wali, pemkot, dan masih banyak lgi lainnya..

Nah, kini aku mulai sadar bahwa memang sih sebagai makhluk sosial, udah semestinya menyeimbangkan hidup ini. Kebutuhan pribadi, kebutuhan sosial dan termasuk interaksi sosial di masyarakat mesti ditingkatin..

Nih, ada strategi ato kiat-kiat sedikit dari aku buat kamu-kamu yang pengen tetep gaul tapi IPK cumlaude sbb:

1. Tetapkan visi hidup kamu.

Loh. Knp mesti netepin visi?? Yah, ini penting karena tiap2 dari kita pasti memiliki tujuan yang berbeda dan tentunya visi yang akan mengarahkan hidup kamu. Pasti kita-kita pengen sesuatu dari hidup ini bukan?? Semisal ada yang kepengen bahagiakan orang tuanya, ato pengen rumah sendiri.

Itu semua pasti ada dibenak kita. Dengan menetapkan visi ato tujuan hidup ini akan membuat kita merasa optimis menjalani hari demi hari. Kalo udah begitu, tantangan seberat apapun akan kamu lakukan selagi itu menunjang visimu. Misalnya, temen kamu ngajakin hura-hura ato dugem saat kamu mestinya harus belajar..Padahal sih kamu kepengen banget ikut dengannya, tapi kamu mengorbankan itu buat belajar agar visi kamu tercapai.

2. Kamu mesti fokus

Fokus??yah, dengan fokus pekerjaan apapun dapat diatasin denga baik loh..Apalagi kamu nih yang pengen bercita-cita tuk jadi orang berkualitas. Nah, kamu udah banyak belajar dan ngorbanin waktu maen kamu demi cita-cita itu bukan? Apalagi selain belajar kamu mesti ikut privat di luar untuk bisa ningkatin prestasi belajar kamu.Itu semua tak akan tercapai kalo kamu ga fokusin ke situ. Salaha atu upaya ningkatin fokus kamu adalah dengan cara buat perkumpulan temen2 yang pengen belajar ato sama –sama memiliki minat untuk sukses ato bisa juga buat tuh komunitas yang berkaitan dengan dunia akan digeluti. Nah, dengan begitu kamu akan terasah intuisinya, jadi kamu seakan punya program jangka pendek buat ningkatin motivasi kamu demi cita-cita yang kamu idam-idamkan itu.

3. Manajemen Waktu

Nah, setelah kamu upayakan untuk fokus, kiat yang satu ini tak kalah pentingnya loh?Memanage waktu adalah hal yang sangat penting bagi kita. Apalagi bagi kamu yang punya segudang kesibukan dan sulit banget mengelola waktu apalagi masuk kuliah pukul 7 dan pulang sampai jam 10 malam. Sepertinya kemampuan mengelola waktu menjadi tuntutan yang kudu kamu lakukan. Mengelola waktu dengan baik akan membuat tugas ato pekerjaan kita dapat berjalan dan terkontrol loh.. Nah,,gmn donk caranya mengelola waktu secara efektif?

Menurut kebiasaanku, dalam mengelola waktu memang sedikit memakan waktu sesaat. Namun ketika usai membuatnya, aku ga merasakan lagi kesulitan membagi waktu dengan berbagai aktivitasku yang banyak. Hal ini mungkin karena jadwal yang aku susun telah sesuai dengan jadwal dan tidak saling tumpang tindih. Aku membagi beberapa prioritas, yang pertama, prioritas utama, yang kedua prioritas penting, yang ketiga prioritas hobi. Prioritas utamaku misalnya belajar, dapet IPK cumlaude, ngerjain tugas kuliah, cepat lulus kuliah,hehe. Nah, kalo prioritas kedua nih biasanya berupa pendukung prioritas utama seperti membangun network, dan organisasi ato pengembangan diri (self development), dan untuk prioritas hobi biasanya aku meluangkan waktu untuk sekedar melepas kepenatan seperti membaca novel yang menarik, chatting, design grafis, maen game ato travelling ama temen organisasi. Yang penting sih dalam mengelola waktu adlah bagaimana kita bisa tetep komitmen ama jadwal yang udah dibuat. Artinya, kapan harus belajar, maen, trus organisasi juga. Itu semua hanya bisa berjalan hanya dengan kemampuan mengelola diri dengan baik

4. Punya motivasi achievement oriented

Setelah punya visi yang tinggi, trus adanya fokus pada visi dan dilakukan sistem manajemn waktu yang efektif dan baik telah cukup bagi kamu untuk dapet IPK tinggi dan gaul. Tapi ada satu hal yang sangat dianjurkan kalo kamu kudu punya yang namanya motivasi achievement oriented. Apa itu?Achievement oriented adalah motivasi yang selalu mengutamakan prestasi. Hidup ini harus penuh dengan berbagai prestasi hidup. Kan ada pepatah yang mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok haruslah lebih baik dari sekarang. Nahh, hali ini menyiratkan bahwa kita mesti belajar untuk lebih baik dari hari ke hari. Konsekuensinya adalah membuahkan prestasi. Apapun itu prestasinya yang jelas membawa perubahan yang lebih baik di masa mendatang. Di mana pun jika kita menerapkan motivasi seperti ini, insya Allah jalan kemudahan akan terus terbuka bagi kita. Amin

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6789026

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar