Pages

Persiapan Penting Saat Berlibur ke Pulau



img

 Indonesia memiliki banyak pulau yang eksotis dan indah. Mulai dari di provinsi Jawa Barat seperti Pulau Umang atau Pulau Tidung, hingga yang terletak di Sulawesi seperti Pulau Bunaken.

Pulau memang menjadi salah satu destinasi favorit jika berbicara tentang menghabiskan liburan akhir tahun. Pulau yang memiliki deburan ombak, pasir putih, dan berlokasi di tengah laut memang memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi saat berlibur. Namun banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi kawasan wisata pulau karena kondisi laut, tentu saja sangat berbeda dengan darat atau udara.

Jika Anda baru pertama kali liburan ke pulau, atau mengajak keluarga yang belum pernah berkunjung ke pulau, perlu menyimak tips yang dikutip dari detiktravel ini.

1. Makan yang Cukup dan Sehat
Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan, Anda mengisi perut terlebih dahulu untuk mencegah masuk angin. Tapi jangan terlalu kenyang, karena bisa menyebabkan mual dan mengganggu perjalanan.

2. Cari Informasi Pulau Tujuan
Carilah informasi selengkap-lengkapnya tentang pulau yang akan dikunjungi, mulai dari akomodasi hingga tempat makan. Jika pulau yang Anda kunjungi berpenduduk tetap, carilah informasi tambahan tentang kebiasaan penduduk setempat, seperti hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sana. Hal ini agar Anda bisa beradaptasi cepat dan diterima oleh penduduk.

3. Perkirakan Waktu Perjalanan
Untuk menuju suatu pulau, Anda akan menempuh perjalanan darat lalu menyeberang laut. Oleh karena itu, Anda perlu memperkirakan waktu tempuh perjalanan agar tidak bertanya-tanya kapan tiba di lokasi. Selain itu, dengan memperkirakan lama perjalanan, Anda bisa mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa.

4. Pastikan Jadwal Keberangkatan Kapal
Mengecek jadwal keberangkatan kapal sangatlah penting, agar Anda bisa memperhitungkan jam tiba di pelabuhan dan tidak tertinggal kapal.

5. Jangan Menyebrang pada Malam Hari
Ombak laut pada malam hari biasanya sulit diprediksi. Begitu pula dengan air laut yang tampak tenang, bisa berubah menjadi gelombang tinggi sewaktu-waktu. Selain itu, pemandangan indah yang terhampar luas di lautan tidak bisa dinikmati, seperti bila Anda menyeberang pada siang hari. Jadi, hindarilah menyeberang laut pada malam hari.

6. Lihat Cuaca
Sebelum berangkat, cobalah hubungi pihak kapal atau BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca dan ombak saat berangkat dan pulang. Jika masih dalam perhitungan aman, Anda bisa melanjutkan perjalanan. Tapi jika tidak, lebih baik atur ulang jadwal perjalanan.

7. Antisipasi Mabuk Laut
Banyak orang yang terkena mabuk laut ketika menyeberang dengan kapal. Jika Anda termasuk di dalamnya, berantisipasilah sebelum berangkat dengan meminum obat anti mabuk. Bisa juga dengan memilih dudul di bagian tengah kapal. Kapal bagian depan dan belakang bisa menghasilkan guncangan yang cukup besar ketika membelah ombak, dan itu menjadi salah satu penyebab mabuk laut.

8. Bawa Jaket
Angin laut biasanya kencang. Gunakan selalu jaket untuk menghindari masuk angin dan menghangatkan tubuh. Selain itu, jaket juga bisa melindungi tubuh dari sengatan matahari langsung.

9. Pakai Sunblock
Berlibur di pulau, berarti Anda akan banyak 'bersentuhan' dengan pantai dan laut. Yang artinya, kulit tubuh akan banyak terekspos sinar matahari. Untuk menghindari kulit yang terbakar, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock tiap dua jam sekali. Pakailah sunblock dengan kandungan minimal 30 SPF.

10. Bawa Peralatan Renang Sendiri
Tak lengkap rasanya bila ke pulau tanpa berenang. Jika Anda termasuk dalam orang yang senang berenang, ada baiknya untuk membawa peralatan renang sendiri. Jangan menggunakan peralatan renang yang disewakan. Selain tidak senyaman milik sendiri, Anda juga bisa terkena penyakit kulit yang mungkin menular.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar