Pages

Senator AS Tuntut Privasi Google & Apple


Anggota kunci Senate Judiciary Committee Amerika Serikat (AS), menantang Apple Inc dan Google Inc beserta semua pengembang aplikasinya mengadopsi kebijakan privasi formal.

Senator Al Franken dari Minnesota mengirim surat kepada kedua perusahaan raksasa itu untuk meminta agar semua aplikasi iPad, iPhone dan perangkat yang menggunakan sistem operasi Android Google memberi kebijakan privasi yang jelas dan bisa dimengerti.
Kebijakan sepeti ini akan memberitahu pengguna mengenai informasi pribadi apa yang dikumpulkan aplikasi. Selain itu, pengguna akan diberitahu cara aplikasi mengumpulkan informasi yang digunakan serta potensi informasi dibagi dengan pihak lain.
Saat ini, tak ada kebijakan mengatur hal tersebut dan semuanya diserahkan kepada pengembang. Franken mengatakan, hal ini terkait popularitas perangkat mobile Apple dan Google yang berada dalam posisi unik mempengaruhi pasar aplikasi dan melindungi privasi pengguna di pasar itu.
Franken mengirim surat-suratnya dua pekan setelah ia mengadakan sidang dengar eksekutif Apple dan Google mengenai sejauh mana iPhone dan perangkat Android melacak lokasi pengguna dan rincian penyimpanan informasi itu.
Pada sidang itu, Franken meminta perusahaan tersebut mensyaratkan aplikasi memberi kebijakan privasi. Namun, ia tak mendapat komitmen jelas dari salah satu perusahaan tersebut. VP teknologi software Apple Guy ‘Bud’ Tribble mengaku, kebijakan privasi saja tak cukup.
Privasi itu perlu digodog menjadi produk-produk yang memiliki alat, termasuk alat pengungkapan pada layar yang secara jelas memberitahu pengguna cara data pribadi mereka dikumpulkan. Baik Apple dan Google memang menggunakan pengungkapan seperti ini guna memperingatkan pengguna dan mendapat persetujuan saat pengguna mengunduh aplikasi yang bisa mengakses informasi lokasi, misalnya.
Namun, Franken mengaku menginginkan kebijakan privasi yang lebih rinci. Apple mengatakan, pihaknya tak punya komentar lebih lanjut perihal tersebut. Begitu pula Google, raksasa mesin pencari ini tak segera menanggapi permintaan itu.
Saat sidang, Franken mendengar pengakuan iPhone Apple yang menyimpan data lokasi dari menara ponsel terdekat dan tempat-tempat Wi-Fi selama setahun. Data ini bisa digunakan membuat peta kasar pergerakan pemilik perangkat.
Apple juga mengungkapkan, bug pada software menyebabkan iPhone terus mengirim data lokasi anonim ke server perusahaan. Bahkan, saat layanan lokasi pada perangkat telah dimatikan.
Serupa, Google juga mengakui, perangkat Android menyimpan beberapa data lokasi GPS untuk waktu singkat. Dalam surat itu, Franken mengatakan, sementara semua aplikasi harus bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik mengenai cara mengumpulkan dan berbagi data pribadi, terbukti benar program-program itu mengumpulkan informasi lokasi pengguna.Oleh: Billy A Banggawan - inilah.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar