Pages

Harga Buku = Semangkok Bakso




Katika bersepeda Sabtu, 16 April 2011 saya menemukan sesuatu yang menarik perhatian di Arbat. Arbat ini boleh disebut “pasar seninya” Moskow, ya seperti pasar seni di Ancol atau tempat jual souvenir di Taman Mini Indonesia Indah(TMII). Lalu apa bedanya dengan Ismailova yang juga menjual souvenir-souvenir Rusia? Kalau di Ismailova selain tempatya lebih luas, namun letaknya agak jauh dari Kremlin, nah Arbat ini hanya sekitar lima belasan menit naik sepeda dari Kremlin. Letaknya sangat strategi di jantung kota Moskow, sehingga menjadi tempat turis dari mancanegara akan datang ke tempat ini untuk membeli oleh-oleh bagi sanak keluarga di negaranya masing-masing.

Nah yang menarik perhatiannya saya bukan souvenir-souvenir itu, tapi buku! Ya di salah satu sudut di jalan Arbat Lama atau Starei Arbat, orang Rusia menyebutnya demikian, kenapa disebut Arbat Lama ? Ya karena memang ada Arbat Baru, Nowie Arbat, begitu kata orang Rusia. Hanya berselisahan gedung-gedung saja atau sebelah menyebelah antara Arbat Baru dengan Arbat Lama, keduanya membujur arah Utara Selatan. Bedanya lagi, Arbat Lama untuk pejalan kaki atau bersepeda dan Arbat Baru untuk Mobil.

Jadi disampin lalu lalang pengunjung di Arbat dan disamping berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pengamen jalanan ada tawaran yang menarik bagi para pecinta buku! Jalan Arbat Lama ini seperti jalan yang tak akan pernah sepih, apa lagi di puncak musim panas nantisekitar bulan Juni, di setiap tahunnya anda akan bisa melihat orang yang lalu lalang di jalan Arbat Lama ini ditengah malam! Ya jalan-jalan santai saja, kok tengah malam? Iya, karena pada puncak musim panas di bulan Juni sekitar tanggal 21-23 merupakan siang terpanjang di belahan bumi Utara, termasuk di Moskow.

Pada sekitar tiga hari tersebut siang begitu panjang dan malam sebaliknya begitu pendek, hanya sekitar 4 jam! Dan suana langit seperti keadaan magrib di Indonesia, siang tidak, malampun tak gelap. Iya keadaanya seperti matahari baru saja tenggelam. Makanya suasana menyenangkan sekali, nah kalau yang hoby bersepeda ditengah malam tadi masih ada di jalan-jalan! Yang suka jalan - jalan saat itu juga masih di jalanan dan tempat jalan-jalan yang ramai pada saat seprti selain Krelim, ya Arbat Lama ini, juga banyak tempat lainnya.


sumber

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar