Pages

Penemuan-penemuan remeh tapi penting


Manusia membutuhkan begitu banyak peralatan untuk memudahkan hidup dan aktivitas kesehariannya. Saking terbiasanya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa di balik kesederhanaan bentuk atau desain peralatan yang mereka gunakan, terdapat kisah dan sejarah tentang orang-orang hebat yang menemukannya. Berikut adalah 20 penemuan sederhana yang sangat berguna: 

1. Tusuk Gigi
tusuk+gigi Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Tusuk gigi telah ada sebelum kedatangan manusia modern. Tengkorak gigi manusia Neanderthal dan Homo Sapiens telah menunjukkan bukti-bukti penggunaan alat untuk menusuk gigi. Ini adalah alat tertua untuk membersihkan gigi. Mesin pembuat tusuk gigi pertama kali dikembangkan pada tahun 1869 oleh Alessandro Franco, kemudian mesin serupa juga dipatenkan pada tahun 1872 oleh Silas Noble dan J.P. Cooley.
 

2. Jarum Jahit
needle 769308 Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Jarum jahit telah digunakan selama ribuan tahun. Penggalian yang dilakukan di kepulauan Oland, di Alby, Swedia mengungkapkan bahwa jarum yang terbuat dari tulang telah digunakan sejak 6000 tahun SM. Bahkan jarum yang terbuat dari gading juga telah ditemukan di Kostenki, Rusia yang telah berusia 30,000 tahun.
 

3. Sisir
sisir Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Sisir adalah salah satu alat tertua yang pernah ditemukan oleh para arkeolog, yaitu sekitar 5000 tahun lalu di Persia.
 

4. Kancing
clothes buttons B254446 20090206074251 Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Kancing dari cangkang kerang sudah dikenal sebagai ornament di Peradaban Lembah Indus pada tahun 2000 SM.
 

5. Peniti
safetypin Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Peniti awal mulanya berasal dari Mycenaeans sejak abad ke-14 sebelum masehi, dikenal dengan namafibulae. Peniti diciptakan kembali pada tahun 1849 oleh Walter Hunt, seorang penemu asal Amerika.
 

6. Sedotan
1314125795 fat straws Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Sedotan pertama digunakan oleh kaum Sumeria (sekitar 3.500-2.300 tahun SM) yang merupakan salah satu peradaban kuno di Timur Tengah. Sedotan modern ditemukan oleh seorang pemilik pabrik kertas rokok berkebangsaan Amerika bernama Marvin C Stone. Penemuannya itu dipatenkan pada tanggal 3 January 1888.
 

7. Karet Gelang
close up rubber band 300x300 Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Karet Gelang dipatenkan di London pada tanggal 17 Mei 1845 oleh seorang penemu dan pengusaha karet vulkanisir berkebangsaan Inggris bernama Stephen Perry.
 

8. Ritsleting
vector black zipper Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Pada tahun 1851, Elias Howe menerima hak paten untuk alat bernama “Automatic, Continuous Clothing Closure” yang merupakan cikal bakal resleting modern. 42 tahun kemudian yaitu pada tahun 1893, Whitcomb Judson mulai memasarkan alat serupa bernama “Clasp Locker”. Pada tahun 1913, Gideon Sundback yang merupakan seorang karyawan pada perusahaan Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat telah berhasil mendesain resleting modern.
 

9. Penjepit Pakaian
Penjepit Pakaian Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Penjepit pakaian yang terbuat dari sepotong kayu diciptakan oleh Victor Jeremie Opdebec. Penjepit pakaian yang menggunakan per, seperti yang digunakaan saat ini, diciptakan pada tahun 1853 oleh David M. Smith yang berasal dari Springfield, Amerika Serikat.
 

10. Pembuka Kaleng
SM PKD33 Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Makanan kaleng telah ada sejak tahun 1772 di Belanda, namun alat pembuka kaleng baru dipatenkan di Inggris pada tahun 1855. Di Amerika Serikat, pembuka kaleng pertama kali dipatenkan oleh Ezra Warner dari Connecticut pada tahun 1858, namun bentuknya masih belum praktis. Pembuka kaleng modern yang telah dilengkapi dengan roda pemotong yang berputar ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1870 oleh William Lyman.
 

11. Stapler dan Staples
Stapler Staples Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Stapler tertua yang diketahui adalah buatan tangan di abad ke-18 untuk Raja Perancis, Louis XV. Pada tahun 1866, George McGill yang berkebangsaan Amerika menerima patent atas penemuannya yang merupakan cikal baral stapler modern, kemudian pada tanggal 18 Februari 1879, George McGill kembali menerima patent untuk penemuannya yaitu McGill Single-Stroke Staple Press, yang merupakan stapler pertama yang sukses secara komersial.
 

12. Klip Kertas
isolated paper clip Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Menurut Early Office Museum, paten pertama untuk klip kertas dikeluarkan di Amerika Serikat kepada Samuel B. Fay, yaitu pada tanggal 23 April 1867.
 

13. Gantungan Pakaian
Gantungan pakaian Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Gantungan Pakaian yang digunakan hari ini terinspirasi oleh gantungan mantel yang diciptakan pada tahun 1869 oleh O.A. North dari New Britain, Connecticut. Seorang pegawai perusahaan Timberlake Wire and Novelty Company bernama Albert J. Parkhouse yang berasal dari Jackson, Michigan juga diberi kredit atas penemuan ini, seperti halnya dengan Christopher Cann pada tahun 1876 yang merupakan mahasiswa teknik pada Boston University.
 

14. Pemotong Kuku
421 09 Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Tidak diketahui jelas siapa penemu pemotong kuku, namun hak paten untuk alat ini pertama kali dikeluarkan di Amerika Serikat pada tahun 1875 dan diberikan kepada Valentine Fogerty.
 

15. Tutup Botol
ff bottle cap Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Tutup botol ditemukan pada tahun 1890 oleh pendiri perusahaan Crown Holdings, Inc, William Painter yang lahir di Tridelphia, Maryland, Amerika Serikat. Painter menamakan temuannya sebagai “Crown Cork” karena bentuknya yang menyerupai mahkota ratu Inggris.
 

16. Paku Tindis
Push Pin MY34 Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Ditemukan pada tahun 1900an di Newark, New Jersey, Amerika Serikat oleh seseorang yang bekerja di perusahaan cuci-cetak foto bernama Edwin Moore. Setelah penemuannya, Moore meninggalkan bisnis fotografi dan mendirikan perusahaan yang bernama Moore Push-Pin Company.
 

17. Penjepit Rambut
ist2 47660 bobby pins Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Penjepit Rambut ditemukan pada tahun 1922. Selama beberapa dekade, merek dagang “Bobby Pin” dipegang oleh Bob Lepine Corporation Buffalo, New York, Amerika Serikat.
 

18. Cotton Buds
6054cotton swabs Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Ditemukan di New York pada tahun 1923 oleh Leo Gerstenzang, pria kelahiran Warsaw, Polandia yang berkebangsaan Amerika Serikat. Untuk memasarkan produknya, Leo Gerstenzang mendirikan perusahaan yang bernama Leo Gerstenzang Infant Novelty Company dengan merek “Q-Tips”.
 

19. Isolasi Perekat
scotch Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Cikal bakal isolasi modern dikembangkan pada tahun 1930 di Minneapolis, Amerika Serikat, oleh seorang insinyur perusahaan 3M Company bernama Richard Drew.
 

20. Velcro
velcro Penemuan benda benda sederhana yang sangat berguna

Ditemukan pada tahun 1948 oleh seorang insinyur listrik berkebangsaan Swiss yang bernama George de Mestral. De Mestral mempatenkan “velcro” temuannya pada tahun 1955.


{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar