Pages

10 Bulan Terfantastis di Tata Surya


Tata Surya kita terdiri dari sebuah Matahari dan 8 planet. Tata Surya ini menyimpan berbagai fakta dan hal menarik yang patut menjadi perhatian. Salah satunya adalah bulan, yang merupakan satelit alami yang mengorbit di planet. Terkadang bulan memiliki berbagai fakta menarik, semenarik planet yang diorbitnya.

 
7. Ganymede – Bulan Yang Paling Besar di Tata Surya.

Sekilas, Ganymede terlihat kaya bulan yang ada di Bumi. Tapi ada perbedaan yang sangat signifikan, yaitu ukurannya. Ganymede nih bulan terbesar yang dimiliki Jupiter, dan juga yang terbesar di Tata Surya :matabelo. Dan unik-nya lagi, bulan ini punya medan magnet sendiri!, padahal bulan yang lain ga punya tuh, hehehe.

Bahkan ukurannya aja, antara ukuran Merkurius dan Mars (8% lebih gede dari Merkurius, dan ¾-nya ukuran Mars). Kalau Ganymede mengorbit Matahari, bukannya Jupiter. Mungkin dia bisa dianggap sebagai planet. Jadi, ini seperti planet yang mengorbit di planet lain. Kalau Leonardo DiCaprio nyebutnya Planet-Ception .

6. Miranda – Bulan Yang Paling Jelek

Ane ga bercanda gan, bulan ini memang bener-bener jelek , padahal namanya cantik ya . Mungkin inilah objek terjelek di Tata Surya. Kaya sekumpulan lumpur yang dibulat-bulatin terus dilempar ke orbit Uranus .

Miranda memiliki pemandangan yang beragam. Bercak-bercak seperti bekas disapu yang terdapat di pegunungan dan lembah yang disebut dengan Coronae, tidak dapat ditemukan di manapun di planet kita. Miranda juga memiliki ngarai yang sangat dalam, bahkan 12 kali lebih dalam dari Grand Canyon! :matabelo. Kalau agan/sista menjatuhkan batu dari tebing tertinggi disana, maka butuh waktu 10 menit untuk sampai ke dasarnya, hehehe.

Dan ilmuwan suka banget berdebat bagaimana alasannya di Miranda ini bisa punya bentuk yang aneh gitu :bingungs. Ada beberapa hepotesis yang dipikirkan oleh para ilmuwan, yaitu: bahwa ada tabrakan besar di masa lalu yang membuat bulan itu hancur dan terpisah-pisah. Ada juga yang berpendapat bahwa ada hantaman dari meteor-meteor dan kemudian mengeras disana. Dan ada lagi pendapat bahwa ada pasuka intergalaktik yang datang kesana untuk menambang emas tapi ga ketemu-ketemu walau sudah ditambang sampai seperti itu(butuh rujukan : ). Kita mungkin tidak akan pernah tahu mengapa .

Btw, Miranda itu adalah nama karakter yang diciptakan Shakespeare yang ga pernah menikah. Tidak diragukan lagi, ane pun ga yakin si Miranda ini bisa ngedate dengan gebetannya :ngakaks.

5. Callisto – Objek Dengan Kawah Yang Paling Banyak di Tata Surya.
 

Callisto, bulannya Jupiter adalah bulan yang jerawatan . Callisto tidak memiliki aktifitas geologi yang dapat merubah bentuk permukaannya, sehingga kawah-kawah yang sudah lama menumpuk tanpa berubah bentuk. Usia-nya sekitar 4 miliar tahun, menjadikannya sebagai permukaan yang tertua yang tidak berubah, dan merupakan objek dengan kawah terbanyak di Tata Surya. Area yang memiliki kawah jauh lebih banyak ketimbang area yang tidak berkawah di Callisto.

Karena banyaknya kawah yang menumpuk, maka di Callito ada kawah yang berada di dalam kawah:.


Kalau tadi ada Planet-Ception, kalau yang ini namanya Crater-Ception . Kayanya Jupiter ini fans-nya Leonardo DiCaprio deh .

4. Dactyl – Bulan dari Aesteoroid

Dengan lebar hanya 1 mil, Dactyl merupakan bulan terkecil yang ada di Tata Surya! Lihat gambar diatas? Objek yang besar itu adalah sebuah asteoroid bernama Ida, dan Dactyl itu yang titil kecil itu.

Dactyl merupakan salah satu bulan teraneh di Tata Surya, karena ketimbang mengorbit di planet, eh dia malah mengorbit di Asteoroid :hammers. Dalam mitologi Yunani, Ida merupakan nama sebuah gunung yang dihuni oleh makhluk bernama Dactyl.

Meskipun begitu, dactyl telah menjawab berbagai pertanyaan ilmuwan. Sebagai contohnya, ilmuwan dapat menentukan massa dan komposisi Ida dari mempelajari orbit Dactyl tersebut. Dan juga, sebelum ditemukannya Dactyl, astronom berpendapat bahwa asteoroid terlalu kecil untuk memiliki bulan.

3. Epimetheus dan Janus – Bulan Menghindari Tabrakan Dengan Tipis.

Epimentheus dan Janus adalah bulan-nya Saturnus. Mereka memiliki orbit yang sama. Namun uniknya, setiap 4 tahun sekali mereka hampir bertabrakan, tapi tidak pernah bertabrakan, dan selalu bertukar posisi. Jarak terdekat diantara keduanya bisa mencapai hanya 10.000 KM! :matabelo.

2. Enceladus – Si Pembuat Cincin


Enceladus ini merupakan salah satu bulan-nya Saturnus. Tau Saturnus kan gan? Itu lho yang planet yang punya cincin yang indah :D. Nah ternyata, sebagian dari cincin tersebut dihasilkan dari bulan ini!



Enceladus ini merupakan objek yang paling reflektif di Tata Surya. Dia memantulkan hampir 100% cahaya yang dia terima. Di Enceladus juga ada geyser, nah dari situlah di lepaskan berbagai partikel es dan debu ke angkasa. Dan ternyata, dari situlah tercipta salah satu cincin dari Saturnus :matabelo.


Nah, Enceladus itu objek hitam kecil ditengah cincin itu.

 
1. Triton – Satu-satunya Yang Memiliki Gunung Ber-Es.
Triton ini merupakan bulan terbesar dari Planet Neptunus. Triton juga merupakan satu-satunya bulan di Tata Surya yang mengorbit berlawanan arah dari rotasi planet-nya!

Gunung ber-es yang ane maksud disini bukan gunung yang di puncaknya ada es kaya gunung Jawawijaya :hammers. Tapi gunung yang bisa meletus atau gunung berapi, tapi letusannya bukan lava melainkan es :hammers. Ya, gunung disana memuntahkan Air yang bercampur Amonia yang kemudian membeku karena suhu dipermukaannya :takuts.


Selain itu, Triton juga sangat terang dan memantulkan banyak cahaya. Itu dikarenakan permukaannya ditutupi oleh es. Tapi bukannya es dari air, tau Nitrogen cair? Suhu-nya sangat dingin, nah itulah yang kemudian membentuk lapisan es dipermukaan Triton. Dan itulah sebabnya, Triton merupakan objek paling dingin di Tata Surya



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar