Pages

Penemuan Ilmiah yang Ikut Mengubah Dunia


Perjalanan sejarah manusia sudah ada puluhan ribu tahun yang lalu. Sebagai makhluk berfikir, manusia terus menerus berusaha menyingkap rahasia dunia. Para Kurator Science Museum di London baru-baru ini memilih 10 koleksinya yang dinilai punya pengaruh ilmiah terbesar dalam sejarah manusia abad ini.

1. Kapsul Apollo 11
Kapsul Apollo 11
Empat puluh tahun yang lalu, manusia berhasil mengelilingi dan menjejakkan kakinya di bulan. Kapsul yang di luncurkan dalam pendaratan di bulan oleh Apollo 11 di tempatkan di Science Museum pada Juli mendatang. Misi Apollo tidak hanya menujukkan kemajuan teknologi ruang angkasa, tetapi juga telah menginspirasi orang tentang upaya mengetahui jagat raya ini.

2. Mesin Atmosfer
Mesin Atmosfer
Mesin atmosfer di temkan oleh Thomas Newcomen pada tahun 1712. Model ini lalu di bangun oleh Francis Thompson di Derbyshire, Inggris, pada tahun 1791. Mesin atmosfer mengatasi krisis energi yang di sebut – sebut mengawali Revolusi Industri. Temuan ini membuka cadangan batubara yang tidak terjangkau dengan memompa air dari tambang di dalam tanah. Walaupun secara teknik masih dapat di bantah sebagai penanda era industri, temuan ini juga menandai dimualinya ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil.

3. Telegraf Listrik
Telegraf Listrik
Charles Wheatstone dan William Cooke mematenkan peralatan telekom, alat ini menjadi alat komunikasi elektrik paling sukses pada tahun 1837. Telegraf itu merupakan penggunaan listrik secara praktis untuk komunikasi publik yang pertama, jaringan itu lalu berkembang kekuatannya, kapasitasnya dan menjadi temuan penting.

4. Model T Ford
Model T Ford
Melalui rintisan ide baru tentang produksi massa, perusahaan motor Ford membawa motoring untuk meraih pasar baru yang besar, ketika itu berkembang istilah “ Fordisme “ yang menjadi metafor untuk produksi skala besar. Filosofi ini berlaku hingga sekarang di dunia bisnis.

5. Komputer ACE
Komputer ACE
Salah satu pemanfaatan umum dari komputer elektronik pertama adalah Pilot ACE yang programnya mulai di jalankan pada 10 Mei 1950. Pada sat itu, komputer ini merupakan yang tercepat di dunia. Desain komputer tersebut merupakan versi yang lebih kecil daripada desain komputer pendahulunya Alan Turing,ACE di pilih karena ini merupakan komputer generasi pertama yang mirip dengan mesin komputer yang ada di sekitar kita sekarang.

6. Mesin Roket V2
Mesin Roket V2
Meskipun kalah dalam perang dunia II, mesin V2 yang ditemukan tahun 1942 membentuk dunia untuk dekade – dekade mendatang, pencipta V2 Wernher Von Braun, pindah ke AS setelah PD II, ia bekerja pada program Missile balistik antar benua, ia lalu bekerja pada NASA, menjadi otak di belakang penciptaan roket Saturn V yang kemudian di gunakan untuk membawa Apollo 11 ke bulan pada 1969.

7. Penicillin
Penicillin
Spora jamur yang menutupi jendela – jendela di kota London telah menginspirasi Alexander Fleming untuk melakukan penelitian yang membawanya pada penemuan antibiotika pertama pada 1928, menjelang pertengahan 1940 –an, penelitian di Inggris dan Amerika menuntun pada peberian penicilin pada pasien. Penemuan itu telah membawa penemuan – penemuan lain yang membawa ancaman infeksi bakteri tidak lagi terlalu mengancam hidp kita seperti pada zaman sebelumnya.

8. DNA “ Double Helix“
DNA “ Double Helix“
Model kontruksi DNA pertama ini mengandung beberapa bagian orisinal yang digunakan oleh Crick dan Watson pada 1953. Terobosan penemuan model DNA ini memungkinkan manusia memahami bagaimana organisme mendistribusi sifat – sifat menurunnya dan bagaimana pengaturan kerja sel, struktur yang telah dikenal luas saat ini masih menjadi jantung pencapaian ilmiah terbesar yang menuntun perkembangan bio teknologi hingga praktik yang bermanfaat di dunia kriminal.

9. Mesin Sinar X
Mesin Sinar X
Penemuan sinar X oleh ahli fisika Jernan, Wilhelm Rontgen, pada 1895, menuntun manusia sampai pada pembuatan alat diagnostik yang sangat baru bagi para dokter, perangkat sinar X lalu di buat oleh Russel Reynold sebulan setelah Rontgen membuat terobosan, teknologi ini adalah yang tertua di dunia yang mampu untuk melakukan perekaman bagian dalam tubuh manusi tanpa menggunakan pisau bedah

10. Roket Stephenson
DNA “ Double Helix“
Dengan memecahkan rekor kecepatan untuk memenangkan uji coba roket di Rainhill pada tahun 1829 di Manchester, Inggris, penemuan ini lalu berkembang menjadi penemuan mesin bergerak ( mobile Power ), mesin bergerak lalu menggantikan mesin yang di hidupkan dengan tarik tali.Prinsip desain dasar ini menjadi standar yang membawa manusia dan barang mengelilingi dunia 150 tahun kemudian, penemuan ini juga mengubah sejarah. Lokomotif yang dinamai Lucky telah membuktikan kemampuan roket hasil penemuan awal tersebut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar