Pages

Orang Jepang Suka Naik Kereta Api


Kesukaan orang jepang naik kereta api sungguh sangat luat biasa. Mereka adalah penduduk yang paling sering naik kereta api di seluruh dunia. Pada tahun 1980-an gairah mereka terhadap kereta api muncul dan ketika itu jepang membuka diri pada dunia dengan bekunjungnya Komodor Perry ke pelabuhan jepang.

Saat kunjungan kedua Komodor Perry ke  jepang, ia membawa serangkaian bingkisan bagi shogun jepang saat itu, Hitotsubashi (1837-1902), dan satu diantara banyak bingkisan itu adalah sebuah model miniatur kereta apiyang terdiri dari sebuah lokomotif, gerobak arang, serta gerbong penumpang, lengkap dengan rel selebar 18 inci bergaris tengah 350 feet. Bingkisan ini digelar bagi masyarakat umum dan membangkitkan minat mendalam bagi orang jepang masa itu.

Hanya dalam waktu singkat, di tahun 1897, Jepang telah berhasil membuat sendiri lokomotif mereka yang diberi nama Mikado, dan berhasil menembus pasaran Amerika enam tahun kemudian. Hingga perang dunia II, lokomotif Mikado masih dipakai di Amerika, dan pada masa itu nama Mikado diganti menjadi "Mike" ataupun "McArthur", agar namanya tidak terlalu berbau jepang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar