Pages

Bos mafia ditangkap di Italia



Francesco Campana, 38, adalah seorang kepala organisasi dan klan mafia kata kepolisian Italia.
Campana ditangkap Sabtu dini hari di sebuah rumah di kawasan kota abad pertengahan Oria, dekat Brindisi, Italia.
Menurut Menteri dalam Negeri Italia, Roberto Maroni, penahanan Campana ini akan merupakan pukulan berat terhadap operasi organisasi ilegal Sacra Corona Unita (Mahkota Suci Bersatu).
Kelompok ini sudah lama dicurigai beroperasi dalam perdagangan gelap dan penyelundupan dari negara-negara wilayah Balkan serta Eropa Timur.
Klan mafia ini setingkat popularitasnya di bawah mafia Cosa Nostra asal Sisilia, klan 'Ndrangheta di Calabria, serta Camorra di Naples.
Campana sebelumnya telah dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara akibat hubungannya dengan organisasi Sacra Corona Unita, kata polisi.
Penangkapan ini merupakan operasi sukses kedua aparat Italia menggulung komplotan mafia di negeri itu, selama pekan ini.
Kamis lalu, polisi juga menyita hampir US$300 juta (atau sekitar Rp2,5 triliun) aset dari kelompok 'Ndrangheta, termasuk dua klub sepakbola dari divisi Empat Italia.
Menurut aparat kemanan setempat organisasi ini menggunakan klub sepakbola untuk meluaskan pengaruh di negara yang memang dikenal sangat menyukai olahraga dengan menendang benda kulit bundar itu.
Wartawan BBC di Roma, Duncan Kennedy, mengatakan polisi setempat berupaya keras meningkatkan operasi untuk menyita aset kelompok mafia pada tahun lalu.
Terjadi ratusan penangkapan di berbagai penjuru Italia yang melibatkan semua kelompok mafia utama, kata Kennedy.
Dalam beberapa hari terkahir, sebuah sidang dengan 17 anggota kelompok mafia yang terkait salah satu klan utama juga telah dimulai.

Quote:
terkait kemarin

Mantan Gubernur Sisilia dipenjara
Mantan Gubernur Sisilia, Senator Salvatore Cuffaro mendapat hukuman tujuh tahun penjara dalam kasus mafia.

Dia terbukti bersalah karena menyalahgunakan jabatannya dengan memberikan informasi tentang penyelidikan pemberantasan mafia kepada kelompok mafia, di tahun 2008.

Sebelumnya, Cuffaro menolak tuduhan tersebut, tetapi Sabtu lalu dia mengatakan menghormati keputusan pengadilan itu.

Dia dikirim ke penjara Rebbibia di Roma setelah melakukan doa bersama keluarganya.

Cuffaro, yang berasal dari Kristen Demokrat, mengatakan kasus itu memperkuat kepercayaannya kepada sistem hukum, seperti pada agamanya.

"Saya akan menghadapi hukuman saya, san saya akan memberikan contoh kepada anak-anak saya," kata Cuffaro, seperti disampaikan kepada Kantro Berita Italia, ANSA.

Cuffaro terbukti bersalah karena menyampaikan informasi kepada seorang bos mafia bahwa rumahnya telah disadap. Dia juga dituduh memiliki kaitan dengan jaringan mafia, dan kasusnya tengah diadili.

Cuffaro merupakan Gubernur Sisilia yang menjabat pada tahun 2001-2008, dan terpilih menjadi anggota senat Italia pada 2006.

Keputusan itu membuat dia kehilangan kursi di senat.
sumber
________

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar