Pages

5 Kebiasaan Baik Dalam Menjalani Hidup


1.Kebiasan Jujur
Kenapa kita harus jujur?. Jujur adalah Sebuah sikap yang dapat mempengaruhi kehidupan kita dalam pergaulan sesama manusia agar dapat dipercaya atau di amanati oleh orang lain, sekali kita berbohong maka susah untuk memperbaiki nama kita kepada orang tersebut. Kejujuran tidak akan pernah hilang dan selalu dikenang karena kejujuran tidak lapuk, kejujuran akan selalu membuat orang lain berkesan, kejujuran akan dikenang sepanjang masa. Seperti nabi Muhammad SAW yang bergelar al-amin orang yang dapat dipercaya dan selalu di kenang hingga kini.

2. Kebiasaan Besyukur
Dengan bersyukur akan membuat kita menjadi orang yang mampu menerima dan bersabar atas segala cobaan. Dan dapat membuat pikiran agar selalu bertawakkal kepada Allah swt dalam menjalani hidup sehari-hari dan yang paling utama membuat diri kita tidak sombong. Kadang banyak orang ketika dia sudah sampai pada puncak kesuksesan dan segala pemberian yang diberikan tuhan kepadanya terlupakan dan sifat egoismenya timbul membuat dia menjadi sombong dalam pergaulan sesama manusia yang akan membuat merugi dirinya sendiri. Karena tidak selamanya hidup ini selalu di atas, tidak ada yang abadi. Maka bersyukurlah dalam menajalani hidup ini.

3.Kebiasaan Suka menolong Sesama
Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia perlu bantuan dan saling ketergantungan. Kita dalam menjalani hidup mestilah harus saling tolong menolong dan ini juga adalah kewajiban kita sebagai muslim agar saling tolong menolong,, kata nabi kita Muhammad SAW : "Barang siapa yang menghilangkan kesengsaraan seorang muslim di dunia. Allah akan menghilangkan kesengsaraan di hari kiamat dan Allah akan menolong hambanya "selama ia menolong saudaranya. Barang siapa menolong seseorang yang dizalimi. Allah akan menolongnya melewati Sirath dan memasukkannya di surga dan barang siapa yang melihat seseorang yang dizalimi dan meminta tolong dan tidak ditolongya, ia akan di pukul dalam kubur denga seratus cambuk dari api neraka".

4. Kebiasaan Berpikiran Positif
berpikiran positif adalah sikap mental dan tidak semua orang dapat menerimanya, banyak orang yang sudah berusaha untuk berpikiran positif tapi tidak pernah sesuai dengan apa yang di inginkannya dan bahkan mentertawakannya. Tapi sesungguhnya dia belum tahu kehebatan berpikiran positif, hidup tercipta karena pikiran, jika pikiran kita mau menerima segala cobaan dan tantangan dari Allah dengan cara bersyukur maka pikiran positifnya akan mudah bekerja, dalam qur'an surat Ibrahim ayat 14 "Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami (Allah) akan menambah NIKMAT kepadamu. Nikmat adalah apa yang kita pikirkan akan di kabulkan dan akan ditambah oleh Allah, sekarang pertanyaannya untuk muslim, siapa yang tidak percaya atas omongan Allah? tentu Allah tidak bohong bukan? maka berpikir positiflah dalam menjalani hidup ini.

5. kebiasaan Memberi
kebiasaan dalam memberi sesungguhnya juga prinsip dalam membentuk kepercayaan, dapat membuat diri kita di pandang sebagai orang yang ramah, baik hati dan tidak pelit dalam membagikan sebagian hartanya. Tentu memberi dengan niat yang tulus bukan untuk mencari sensasi atau numpang tenar agar terlihat orang yang tulus, tapi jika memberi tidak dari hati yang tulus, lama-lama juga kan ketahuan belangnya, dan itu tidak baik dalam pergaulan sesama manusia. Memberi yang tulus adalah mau mengerti penderitaan dan kesulitan orang lain dan memberi tentu juga bukan dalam bentuk harta saja, memberi juga bisa dalam bentuk sikap, mau mendengar orang lain berbicara dan menerima saran orang lain, tidak mau menang sendiri, mau memberikan pujian sewajarnya  kepada orang lain, ini juga salah satu kebiasaan baik dalam hidup ini.

Inilah sebagian kebiasaan dalam menjalani hidup dari saya sobatku, jika ada tambahan oleh sobat silahkan ditambahkan di kolom komentar ya, dan ilmu dari sobat sangat berarti bagi saya..


{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar