Pages

Robot Selamatkan Korban Gempa & Tsunami Jepang


Robot Selamatkan Korban Gempa & Tsunami Jepang
addictNews, Jakarta – Gempa merupakan hal tak terprediksi dan banyak usaha untuk memprediksinya sering berakhir meleset. Manusia hanya bisa membuat taktik penyelamatan dan mengurangi dampak.
Menariknya, Jepang menjadi salah satu tempat paling rawan gempa di dunia sekaligus menjadi lahan subur untuk pengembangan robot-robot canggih. Jepang terletak di ‘Pacific Rim of Fire’ yang menjadi titik lempeng tetonik Pasifik dan Eurasia bertumbukan dan membuatnya menjadi negara yang sangat rentan gempa.
Kondisi alam ini mendorong Jepang menciptakan banyak robot penyelamat. Seperti dikutip dari Popular Science, terdapat delapan robot penyelamat yang pernah digunakan untuk mitigasi bencana, yakni, RoboCue, Snakebot, Robotic Safety Crawler, Roller-Skating Rescuer, Breath-Sensor, Kinect-Powered Rescue-Bot, Humanoid BEAR Medic-Bot dan Ultra-Cheap RoachBot.
Gempa dahsyat yang disusul tsunami di Jepang itu menghancurkan sebagian wilayah Jepang. Namun banyak pihak yakin, kecanggihan teknologi dan kesiapan warga serta pemerintah Jepang akan membuat Jepang cepat pulih. Salah satunya dengan menggunakan robot-robot penyelamat ini untuk menyelamatkan korban.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar