Pages

Sekilas Perjuangan Harland D. Sanders


Ia lahir pada pada tanggal 9 September 1890. Namun ketika Ia genap berumur 6 tahun, ayahnya meninggal dunia dan ibunya sudah tak kuat bekerja lagi, jadilah Ia yang mengurus adik laki-lakinya yang berumur 3 tahun dan bayi susternya. Dan tentu juga ibunya yang sudah tua renta dan tentu sangat di sayanginya.

Dengan kondisi yang di hadapi, ia lah yang menjadi harapan keluarganya, ia lah yang memasak atau membantu  mengurus pekerjaan rumah tangga yang lain dan tentu harus Ia lakukan karena kondisinya saat itu.

Pada umur 7 tahun Ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun Ia mendapatkan pekerjaan pertamanya didekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ketika berumur 12 tahun ibunya kembali menikah dan ia meninggalkan rumah tempat tinggalnya dekat Henryville, Ind..

Untuk mendapatkan pekerjaan di pertanian di daerah Greenwood, Ind. Dia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun, pertama sebagai tukang parkir pada usia 15 tahun di New Albany, Ind., dan kemudian sebagai pada usia 16 tahun menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan di kuba.

Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel. Pada usia 40 tahun ia mulai memasak untuk orang yang yang bepergian yang singgah di bengkelnya di Corbin, Ia belum punya restoran pada saat itu, tetapi dia menyajikan makanannya pada meja makannya di ruang makan di bengkelnya.

Tahun terus berganti. umurnya terus bertambah, ketika ia sudah berumur 65 tahun, dan dia belum punya apa-apa yang dapat dibanggakan. Satu-satu harta paling bernilai yang dimilikinya adalah resep rahasia buatanya yang diberi nama "ayam goreng kentucky".

Ia terus meyakinkan beberapa restoran pada saat itu agar menjual ayam goreng ketucky resepnya. Menjelang tahun 1956 dia mulai berumur 66 tahun dan berhasil meyakinkan beberapa restoran guna memasak dan menjual "ayam goreng kentucky", dan memberinya US 4 sen sebagai royalty untuk setiap potong ayam goreng yang terjual.

Gembira dengan kesuksesan yang di peroleh. Dia lalu memuat mobil pikap model 1946 miliknya dengan 50 resep ramuan bumbu, dan sebuah periuk untuk ditawarkan ke beberapa orang yang mau membeli warlaba resepnya.

Menjelang tahun 1960, sebanyak 400 buah restoran di Amerika dan Kanada telah menyediakan "ayam goreng kentucky". Dalam waktu 4 tahun, jumlah tempat jualan "ayam goreng kentucky" telah meningkat menjadi 650 restoran dengan omset penjualan pertahun bernilai US$40 juta.

Saat ini terdapat lebih dari 15.000 restoran "ayam goreng kentucky" di seluruh dunia dengan lebih dari 300.000 karyawan dan omset penjualan pertahunya lebih dari US$8.8 milyar.



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar